DCSIMG

How To Be Wealthy

Rahasia Sukses saat Wawancara Pekerjaan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (11)

Wawancara face to face adalah fase seleksi yang krusial dan penuh misteri. Tak jarang, meski memiliki pengalaman kerja segudang serta menjadi orang pertama yang mengirimkan CV, kemungkinan untuk lolos tetap saja kecil. Sebaliknya, seorang fresh graduate dengan pengalaman minim dan menjadi orang terakhir mengirimkan CV justru berhasil lolos.

Sebenarnya apa yang salah?

“Kesalahan biasanya terjadi karena calon pelamar kurang bisa membangun hubungan yang baik dengan perusahaan tersebut. Dengan begitu, sang pelamar pun akhirnya kurang bisa meyakinkan calon atasan bahwa dialah orang yang cocok dengan posisi lowongan yang dibuka,” ungkap seorang career coach, Brian Epstein.

Lalu, bagaimana caranya agar wawancara bisa berjalan dengan baik? Brian Epstein yang memiliki perusahaan Brian Epstein Career Consultant & Associates membeberkan 5 rahasia sukses menghadapi wawancara kerja !

1. Pelajari A-Z perusahaan

Menurut Epstein, selain mempersiapkan resume dan portfolio sebaik mungkin, Anda juga harus mempersiapkan pengetahuan A-Z tentang perusahaan tersebut.

“Jangan sampai Anda sudah gugup di awal wawancara hanya karena pewawancara menanyankan tentang perusahaan dan Anda tidak tahu jawabannya,” jelas Epstein.

Epstein menambahkan, sama seperti saat akan membangun sebuah hubungan dengan lawan jenis, menyiapkan pengetahuan tentang seluk-beluk calon atasan yang akan mewawancara bisa sangat membantu.

“Saat akan dipanggil wawancara, Anda pastinya diberitahu siapa yang akan mewawancara. Cobalah gali informasi seputar orang tersebut. Baik melalui media sosial, hingga search engine Google. Dengan tersedianya informasi tersebut, Anda pun bisa menambah bahan obrolan ringan, sehingga bisa membangun koneksi dengannya. Tapi ingat, jangan bertanya terlalu berlebihan karena bisa menjadikan sang pewawancara risih nantinya,” papar Epstein.

2. First impression, make a good impression

Jika Anda memiliki sedikit informasi seputar perusahaan terkait, biasanya masalah berlanjut dengan tidak sesuainya pakaian saat wawancara.

“Ingat! First impression, make a good impression! Jika dari awal Anda sudah memberikan penampilan terbaik dengan memakai pakaian yang sesuai, maka Anda sudah memberikan kesan attitude yang baik pula kepada calon atasan,” ujar Epstein.

Epstein menambahkan, “Pakaian yang Anda pakai akan memengaruhi pemikiran seseorang. Jadi, jika Anda akan melakukan wawancara di kantor corporate yang kaku, gunakanlah pakaian baju formal dengan warna-warna netral. Namun, jika Anda akan wawancara di kantor-kantor yang bergerak di industri kreatif, maka hindarilah menggunakan baju-baju seperti itu.”

3. Mulutmu, Harimaumu!

Sering mendengar kata-kata bahwa ‘dunia itu kecil’? Jika iya, berhati-hatilah berbicara, terutama saat wawancara. Jangan sampai curahan hati tentang bos lama diceritakan kepada si pewawancara. Salah-salah, dia bisa berfikir bahwa Anda adalah calon karyawan yang terlalu sering mengeluh, atau malah sang pewawancara mengenal baik mantan bos Anda.

Yah! Lewat sudah kesempatan bekerja di kantor impian.

Selain itu, hindari juga mengungkapkan isi hati tentang pekerjaan di status Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Karena kini, para HRD dan headhunter sudah mengecek halaman media sosial para calon karyawan untuk menjadi referensi terlebih dahulu.

4. Kritis!

Perusahaan pastinyanya mencari seseorang dengan semangatdan antusiasme yang tinggi. Biasanya, kedua hal tersebut diketahui saat calon karyawan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan konsisten serta memberikan pernyataan yang ‘berisi’ yang tidak sekedar jual mimpi.

“Sebuah perusahaan pastinya akan memilih kandidat dengan pengetahuan yang luas, bisa menyampaikan pendapat dengan baik, serta kritis. Banyak-banyaklah membaca dan mencari referensi. Jika masih kurang percaya diri, berlatihlah sesering mungkin dengan teman atau kerabat. Cara tersebut bisa membantu Anda untuk memiliki pernyataan yang berkualitas,” jelas Epstein.

5. Berpikirlah ke depan!

Salah satu kesalahan paling sering terjadi saat wawancaraadalah: menanyakan perihal gaji serta benefit yang didapatkan terlalu cepat. Bertanya seputar gaji dan benefit di awal bisa menjadi buah simalakama bagi Anda. Pasalnya, perusahaan akan berfikir bahwa Anda itu lebih tertarik dengan uang dibandingkan bagaimana Anda bisa bekerja dengan baik.

“Waktu yang tepat menanyakan seputar gaji dan benefit adalah saat Anda merasa yakin perusahaan akan mempekerjakan Anda. Tapi, sebelumnya Anda harus ingat dan tahu bahwa akan ada konsekuensi seperti masa percobaan. Dimana pada saat itu perusahaan tidak menanggung perihal dana kesehatan dan benefit lainnya,” lanjut Epstein.

Epstein menambahkan, jika benar begitu adanya, maka sedari dini sebaiknya dipikirkan solusinya.

“Lakukanlah riset dan hitung-hitungan kasar, bagaimana gaji baru Anda nantinya bisa menanggung segala kebutuhan yang belum bisa ditanggung oleh perusahaan lama. Dengan begitu, Anda bisa tetap maksimal bekerja hingga nanti perusahaan baru dapat memberikan benefit-benefit tersebut,” tutup Epstein.

Bright Friends, apakah Anda memiliki tips lain agar sukses saat wawancara kerja? Share tips Anda di bawah ini ya!

Lisia Indra Saripada

Kesuksesan tidak dibangun dalam satu malam. Salah satu tolak ukur perusahaan ketika wawancara pekerjaan adalah nilai akademis. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri secara baik dalam hal akademis dan mampu lulus dengan nilai di atas nilai rata-rata yang pada umumnya perusahaan minta sehingga perusahan dapat segera melirik nilai lebih kita sebagai salah satu pertimbangan apabila ada persaingan dari pelamar kerja lain yang melamar pekerjaan tersebut bersamaan dengan kita.

Sriyonopada

1. Dalam setiap menjawab pertanyaan harus PD, tegas, dan tidak plin-plan.
2. Menggali informasi tentang hobi atau kesenangan si pewawancara karena saat kita bisa nyambung dengan si pewawancara, ini akan menambah nilai buat kita
3. Mulut dan badan tidak boleh bau

sekian beberapa yang saya lakukan saat akan wawancara

Sitta Oktavianapada

Tips diatas sangat berguna🙂 Saya memiliki beberapa tips tambahan supaya wawancara kerja menjadi sukses.

1. Kita harus memperhatikan penampilan kita. Kita harus berpenampilan baik dan terlihat profesional
2. Kita harus tepat waktu dan usahakan jangan terlambat saat wawancara
3. Kita juga harus bisa mengatur bahasa tubuh kita. Ketika kita memasuki ruang wawancara, sebaiknya kita menjabat tangan orang yang akan mewawancarai kita, lalu senyum.
4. Kita harus berhati-hati setiap menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Kita harus menjawab setiap pertanyaan dengan jawban terbaik kita
5. Percaya diri dan berdoa🙂

Dwi putranto miryadipada

1. Datang tepat waktu, kalau bs sblm jam wawancara agar qt dpt berbenah penampilan &persiapan diri sblm wawancara dimulai,jgn smp qt dtg trlambat krn akn memberi kesan pertama yg buruk pd diri qt.

2. Berdoa, sblm wawancara hendaklah berdoa trlebih dahulu agar smw lancar.

3. Sopan dlm sikap dan penampilan, berpakaianlah yg sopan untk wawancara jgn sampai tampil kusut atw berantakan dan jaga sikap untk selalu sopan selama wawancara. Krn 2 hal trsebut sangat mempengaruhi kesan pertama anda thdp atasan.

4. Jawab pertanyaan dg cerdas tidak bertele tele, jgn smp gugup mengganggu wawancara.

Sekian..

Paulina Silviapada

Tips lain saat wawancara adalah tampil percaya diri dan murah senyum.. Penampilan yang meyakinkan, tidak hanya rapi, tapi juga bersih, wangi, menarik tapi tidak berlebihan.. Menjawab dengan tegas dan lancar pada saat wawancara, menunjukkan bahwa kita tidak hanya sekedar mempunyai etos kerja yang patut diperhitungkan di perusahaan yang bersangkutan. Istirahat yang cukup dan makan makanan sehat, sehingga dapat menjaga kondisi kesehatan agar nampak segar dan bersemangat, jangan sampai mata kita terlihat mengantuk atau nampak kurang tidur..
Akan lebih baik jika kita melatih diri sebelum wawancara, misalnya berlatih berbicara di depan kaca atau meminta teman untuk berperan sebagai pewawancara.. Memperbanyak referensi tentang perusahaan dan kemungkinan pertanyaan yang akan dilontarkan bagian HRD sehingga terhindar dari rasa grogi saat waawancara..🙂

Rio Pratamapada

hal lain yang perlu diperhatikan adalah penampilan. penampilan anda, adalah cermiman langsung bagaimana anda dipandang oleh perusahaan, lalu tata cara menjawab dengan sopan, keramahan, senyum, serta jangan adanya kegugupan pada saat sesi wawancara akan sangat berpengaruh terhadap penilaian perusahaan.. hal lainnya adalah kita harus menjawab apa adanya tentang diri kita dan jangan sampai ‘menjual’ diri kita terlampau jauh terhadap diri kita yang sebenarnya, karena hal tersebut akan menjadi masalah di masa depan.

Ervina Setiantipada

Yg utama adlh perhatikan penampilan, kesan pertama org melihat penampilan anda adl cerminan kepribadian anda jd anda harus tampil rapi,sopan dan wangi. Perhatikan jg bagian rambut jgn smp kusut atw trlihat berantakan
Yg kedua adlh perhatikan cara berkomunikasi,jgn bicara sok akrab tp juga jgn lantas tdk bicara. Sewajarnya saja,dan hrz dg nada dan sikap sopan.
Yg ketiga adlh berdoa sblm dan sesudah wawancara.. Krn tnpa doa smw usaha jg tdk akan sesempurna yg qt harapkn..

maulanipada

1. Pastikan Anda cukup tidur pada malam harinya. Jika sewaktu nganggur Anda hobi begadang, maka untuk menghadapi wawancara pastikan tidur lebih awal. Hal ini sangat penting, jika kita kurang tidur maka badan terlihat lemas, raut wajah terlihat pucat, mata biasanya memerah dan mudah menguap. Selain cukup tidur, pastikan Anda sarapan supaya tidak gemetar.

2. Gunakan pakaian dan sepatu formal yang mencerminkan Anda sudah siap bekerja. Kesalahan terbesar kita adalah menyepelekan masalah pakaian seperti memakai jeans, kaos, topi, sandal, sepatu sport, memakai rok yang terlalu ketat dan pendek dll.

3. Kenali pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pewancara. Dengan mengetahui pertanyaan yang biasa diajukan pewancara, akan memudahkan bagi kita untuk menjawabnya.

4. Pelajari kembali CV dan surat lamaran. Sebagian besar sumber pertanyaan dari pewancara berasal dari CV dan surat lamaran kita.

5. Tibalah 15 menit sebelum wawancara dimulai.

6. Ketika masuk ke area perusahaan atau perkantoran, sapalah atau sekedar tersenyum kepada setiap orang yang Anda temui misalnya satpam, receptionist, pelamar lain dll.

7. Tampilah penuh percaya diri dan jangan memelas. Selain percaya diri, kita jangan terlihat sangat membutuhkan pekerjaan itu sehingga kita memelas atau minta belas kasihan.

8. Sebelum wawancara dimulai, berikan ucapan salam kepada pewancara sambil tersenyum dan bersalaman tangan. Saat menutup pintu pegangilah pintu itu supaya tidak membentur dan menimbulkan suara.

9. Jawablah setiap pertanyaan dengan tepat sambil menatap mata pewancara dan jangan pernah terlihat gugup. Jangan pernah terlalu banyak bicara yang tidak perlu kepada pewancara atau memberikan jawaban yang berbelit – belit. Untuk dapat menjawab pertanyaan pewancara ada baiknya mengetahui daftar pertanyaan yang umum dan biasa diajukan pada saat wawancara.

10 Jawablah dengan suara yang cukup keras sehingga pewancara tidak meminta Anda mengulanginya.

11. Apapun yang terjadi, setelah selesai wawancara ucapkan terima kasih banyak kepada pewancara karena bersedia mewancarai Anda. Hal ini sangat penting supaya tetap menjaga kesan positif bagi Anda dan harapan diterima bekerja.

WIWIN W KUSWINARTIpada

Tips sukses wawancara kerja :
1. Datang minimal 30 menit sebelumnya agar cukup waktu untuk mengenal “medan” dan “lingkungan” sehingga menjadi lebih relax ketika menghadapi wawancara.
2. Jaga kondisi agar fresh dan fit ketika wawancara. Cukup istirahat dan usahakan sarapan sebelumnya.
3. Jaga penampilan, pakai pakaian yang sopan dan pantas, tidak terlalu menonjol dan terlalu menarik perhatian.
4. Senyum memang penting, tetapi tetap harus jaga wibawa, ramah sewajarnya saja jangan terlalu mengumbar senyum.
5. Jawab pertanyaan dengan lugas, tegas, jelas,namun tidak berlebihan, jangan mengatakan hal yang tidak ditanyakan.
6. Pelajari dengan seksama CV anda dan perusahaan yang mewawancarai untuk membantu menjawab berbagai kemungkinan pertanyaan.

Riapada

good

Apriliapada

Trmkshh

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life