DCSIMG

How To Be Wealthy

Lima Perencanaan Keuangan untuk Jangka Panjang

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Apakah Anda memiliki keinginan untuk menggunakan jasa financial planner, Bright Friends? Jika iya, maka artinya Anda telah membuat langkah pertama menuju masa depan yang lebih cerah!

Financial planner bukanlah seseorang yang menjaga pengeluaran dan pemasukan Anda layaknya seorang bendahara. Financial planner adalah seseorang yang mengajak Anda duduk, berdiskusi, lalu merancang perencanaan keuangan Anda untuk masa depan yang lebih cerah.

Secara singkat, financial planner bisa dikatakan sebagai seorang teman diskusi yang membuka pandangan serta pikiran Anda untuk lebih matang merancang perencanaan keuangan jangka panjang demi masa depan yang cerah. Dengan rutin berdiskusi dan mengevaluasi rencana masa depan, Anda pun jadi makin memiliki langkah-langkah yang tepat dan terkini untuk bisa menuju masa depan yang cerah.

“Anda harus rajin mengevaluasi financial plan secara rutin. Apalagi hidup Anda terus berubah seiring dengan perkembangan waktu. Terutama ketika Anda memutuskan untuk menikah, punya anak, hingga memiliki pekerjaan baru,” ujar Sandra Schmidt, Sun Life advisor Vancouver.

Sandra menambahkan, agar tidak bingung untuk memulai perencanaan keuangan jangka panjang, simak 5 hal di bawah ini yang harus Anda perhatikan:

1. Membeli rumah

Mengatur pendapatan untuk menabung agar bisa membeli rumah idaman harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Apalagi, Anda juga harus menyiapkan pengeluaran-pengeluaran yang tak terduga. Mulai dari membeli furniture hingga merenovasi beberapa bagian rumah. Dalam hal ini, financial planner akan membantu Anda untuk membuat perencanaan yang realistis sehingga memiliki sebuah rumah idaman tidak lagi menjadi hal yang sulit.

2. Menikah

Ketika berencana menikah atau sudah menikah, maka perencanaan keuangan Anda juga akan berubah. Akan ada double pendapatan dan juga double pengeluaran. Di saat seperti inilah, peran seorang financial planner dibutuhkan,dimana Ia akan membantu Anda dan pasangan menyusun rencana demi rencana menuju masa depan yang cerah.

3. Membangun rumah tangga

Sama dengan dua poin sebelumnya, ketika sudah berkeluarga, maka akan terjadi perubahan rencana khususnya dalam hal keuangan. Apalagi, jika Anda akan atau sudah memiliki anak. Budget pengeluaran bulanan pastinya akan bertambah. Mulai dari pengeluaran pembelian kebutuhan pokok, sekunder, hingga biaya pendidikan. Karena itulah, Anda butuh investasi agar cash flow bisa berjalan dengan baik.

Di sinilah peran financial planner dibutuhkan. Sebagai seorang teman, ia akan mempelajari kondisi financial Anda lalu merekomendasikan bentuk investasi seperti apa yang cocok bagi Anda beserta keluarga sehingga ia bisa membantu memberi saran untuk menuju masa depan yang cerah.

4. Dana Darurat

Terkadang, dari beragam rencana yang sudah disusun, ujian seringkali datang menghampiri. Mulai dari terkena penyakit, hingga dirumahkan oleh perusahaan.

Coba bayangkan jika ujian tersebut datang di saat kita tidak siap secara financial? Karena itulah, keberadaan financial planner akan sangat membantu Anda untuk mengantisipasi hal tersebut dengan merencanakan alokasi dana darurat dari jauh-jauh hari. Perencanaan tersebut biasanya berupa rekomendasi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, serta beberapa jenis invenstasi lainnya.

5. Pensiun

Hidup tenang di hari tua adalah idaman setiap orang. Dana pensiun mungkin menjadi salah satu perhatianatau prioritas utama Anda dalam membuat rencana keuangan jangka panjang. Namun, jika sedari dini Anda sudah dibantu dengan seorang financial planner, maka di hari tua nanti Anda hanya tinggal menuai panen dari rencana yang telah disusun sebelumnya. Dengan begitu, Anda pun bisa menikmati hari tua dengan indah.

Tapi ingat, Anda juga harus rajin me-review perkembangan dari rencana dana pensiun dengan penasihat Anda secara rutin.

Untuk membantu Anda dalam merancang keuangan jangka panjang Anda bersama penasihat keuangan, sejumlah artikel Brighter Life berikut mungkin bisa bantu memberi masukan dan pengetahuan baru:


Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life