DCSIMG

Inspiring Story

Start Your Bad Decision Today!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (25)

Adnan Khashoggi seorang pengusaha kaya asal Saudi Arabia dan termasuk salah satu orang paling kaya di dunia, pernah ditanya oleh wartawan tentang rahasia suksesnya. Adnan menjawab “Good Decision, Good Decision, and Good Decision“. Wartawan itu lalu bertanya lagi, apa yang menyebabkan dia bisa membuat keputusan yang tepat tersebut. Adnan menjawab “Experiences, Experiences, and Experiences“. Wartawan itu masih penasaran, dan bertanya, hal apa yang menyebabkan Adnan mempunyai pengalaman. Adnan menjawab “Bad Decision, Bad Decision, and Bad Decision“. 

Apa yang dikatakan oleh Adnan Khashoggi di atas menunjukkan bahwa kesuksesan yang diraihnya saat ini adalah hasil dari kesalahan-kesalahan tindakan yang pernah dia lakukan sebelumnya, proses belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut menjadi suatu pengalaman, dan pengulangan tindakan menjadi lebih baik.

Kita selama ini selalu berpendapat, bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik. Tapi banyak orang yang keliru menafsirkan definisi dari pengalaman itu sendiri. Jika dalam kehidupan Anda pernah patah hati misalnya, apakah itu suatu pengalaman ? Kalau patah hati itu membuat kehidupan Anda menjadi suram, dunia terasa hampa, dan Anda menjadi enggan untuk berbincang dengan orang lain, itu bukanlah pengalaman. Itu lebih tepat disebut tragedi.

Namun jika Anda mau melihat lebih dalam, apa yang salah dari hubungan Anda, dan belajar untuk tidak mengulanginya lagi lain kali, itulah pengalaman.

PENGALAMAN ITU BUKAN APA YANG TERJADI PADA KEHIDUPAN KITA, NAMUN APA YANG KITA LAKUKAN KETIKA ADA SESUATU YANG TERJADI DALAM KEHIDUPAN KITA

Ada sebagian orang yang ingin jalan pintas di dalam hidupnya, di mana mereka ingin langsung membuat `good decision‘ dalam setiap langkahnya. Mereka ingin melompati tahapan `experiences‘ dan `bad decision‘. Karena ingin langsung sempurna, langsung sekali jadi, maka mereka membuat banyak sekali analisa dari berbagai sisi. Satu halangan kecil bisa membuat mereka menunda membuat `good decision‘ tersebut. Pada akhirnya, `good decision‘ itu tidak akan pernah dibuat, karena waktu mereka habis untuk selalu melakukan analisa dan analisa.

Coba amati di lingkungan sekitar kita. Adakah rekan Anda, kerabat atau kolega bisnis yang seperti itu ? Lima tahun yang lalu mungkin mereka pernah mengatakan akan menjadi seorang wirausaha. Tapi sampai hari ini keinginan itu tetap sebuah keinginan. Mereka akan berkata bahwa ada hal-hal yang menghalangi niat mereka, apakah itu pasar yang lagi sepi, harga bahan baku yang mahal, krisis moneter, dollar lagi tinggi, dsb.

Tapi sebenarnya bukan itu yang menghalangi mereka. Halangan mereka yang utama adalah mereka takut bila ternyata `good decision‘ yang mereka buat ternyata sebuah `bad decision‘. Sebenarnya apakah yang menakutkan dari membuat sebuah `bad decision‘ ?

Sebenarnya `bad decision‘ hanyalah sebuah proses, dan tidak final sifatnya. Proses ini akan menjadi kesalahan jika kita keliru mempersepsikannya serta memberikan respon yang keliru. Dan kesalahan akan menjadi kegagalan jika kita terus menerus memberikan respon yang keliru terhadapnya. Orang-orang sukses adalah mereka yang mengubah `bad decision‘ menjadi suatu pelajaran, memperbaiki keputusan mereka dan melakukan dengan cara yang berbeda. Karena sesungguhnya, jalan menuju kesuksesan pasti melewati suatu kegagalan. Hanya mereka yang berani membuat `bad decision‘ dan belajar daripadanya yang akan mencapai tujuannya. Sukses untuk Anda !

Sumber: dari berbagai sumber

oestam dwi karyadipada

saya sangat setuju dengan artikel ini,kegagalan adalah bukan hasil akhir,karena kegagalan adalah sebuah proses menuju kesuksesan atau keberhasilan..jadi kenapa takut untuk tidak berhasil?karena seribu langkah keberhasilan diawali dengan satu langkah demi langkah yang didalamnya ada ketidakberhasilan..

Brighter Life Indonesiapada

Betul sekali Pak Oestam, hasil akhir bukanlah segalanya, yang terpenting adalah proses untuk meraih kesuksesan tersebut. Tetap semangat Pak🙂

I Ketut Sudanapada

Mengutip 6 kekuatan dahsyat pada manusia:
1. Kekuatan Impian
2.Kekuatan Fokus
3.Kekuatan Disiplin Diri
4.Kekuatan Perjuangan
5. Kekuatan Pembelajaran
6.Kekuatan Pikiran
Ke 6 kekuatan besar tersebut kalau kita kelola dengan baik akan menjadikan kita pribadi-pribadi seperti Adnan Khashoggi seperti di atas, pribadi yang tidak hanya berhasil tumbuh secara horisontal tapi juga secara vertikal

Brighter Life Indonesiapada

Terima kasih Pak Ketut telah share 6 kekuatan pada manusia, semoga kita semua bisa mencapai hal tersebut🙂

ILHAM BUCHORIpada

Dalam mengambil keputusan, bagi saya faktor pengalaman adalah hal yang utama dan paling utama. Karena dengan pengalaman, kita dapat melakukan evaluasi terhadap kesalahan yang pernah kita lakukan sebelumnya dan tidak akan mengulanginya. Tak hanya itu, dengan pengalaman, akan membuat kita semakin mengerti apakah yang akan kita lakukan itu baik atau buruk, maju atau berkembang.

Yessika Budihendratapada

Faktor pengalaman sangat penting dalam menentukan sebuah keputusan. Seiring bertambahnya jam kerja kita, akan semakin bertambah pula masalah untuk dihadapi dan diselesaikan. Butuh keberanian dan kemauan untuk menghadapi masalah-masalah tersebut. Karena buahnya akan berupa pengalaman hasil dari keputusan dari jawaban masalah tersebut. Kadang kita dapat menyelesaikan masalah dengan baik, namun terkadang juga kita mengambil keputusan yang tidak tepat. Pengalaman-pengalamana ini yang membentuk karakter kita menjadi lebih baik lagi di kemudian-kemudian hari ketika menghadapi masalah.

maysiella sabrina (@siella_)pada

orang selalu bilang bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Akan tetapi kita juga harus memilah mana pengalaman buruk dan pengalaman baik yang harus dijadikan sebagai panutan. Untuk itu pengalaman adalah faktor utama dalam mengambil keputusan, karena pengalaman yg buruk bisa menjadi pertimbangan agar kita tidak jatuh di lobang yg sama, dan pengalaman yg baik memberikan kita motivasi untuk mendapatkan yang lebih baik lagi

Eduardo Hasianpada

pengalaman adalah sesuatu yang sangat penting dan berguna bagi seseorang dlm mengambil keputusan. krn tidak ada satu orangpun manusia yg dpt berlari sebelum memulainya dgn 1 langkah

Ervina Setiantipada

Pengalaman sangat penting dlm menentukan sbuah keputusan, krn pengalaman akn membwt qt mjd lbh baik dr sblmya, dan dg patokan pengalaman qt brharap apa yg sdh pernah trjd pd hdup qt d masalalu mjd sumber pembelajaran&motivasi qt untk mjd lbh maju di masa depan..

Paulina Silviapada

Penting karena pengalaman yang mengajari kita segalanya, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dari gagal menjadi sukses dan terus belajar dari kesalahan / kegagalan untuk selanjutnya bisa mencapai yang lebih dan lebih baik lagi ..

Wati Sunartipada

Pengalaman adalah guru terbaik, Guru sangatlah penting untuk membimbing kita menuju ke arah yang lebih baik. Maka dari itu, pengalaman sangatlah penting dalam menentukan keputusan. Dengan pengalaman, kita bisa kritis dalam menentukan sebuah keputusan🙂

Danny Bruepada

“EXPERIENCE IS THE BEST TEACHER”. Dengan pengalaman kita bisa belajar, entah pengalaman gagal ataupun berhasil. Yang berhasil dijadikan patokan agar bisa lebih berhasil dari apa yang dicapai. Yang gagal dijadikan pelajaran agar lebih baik kedepannya.

anggasihombingpada

faktor pengalaman sangat penting dlm menentukan keputusan karena menurut saya pengalaman adlh suatu proses yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima (mungkin didapatkan dari membaca, diskusi, observasi, berpikir) atau dari pengalaman sesungguhnya, baik informasi terbaru yang diterima sebagai feedback bagi individu dan menyediakan dasar bagi perilaku masa depan dalam situasi yang sama!

Titik M Krisnadipada

Saya lebih suka belajar dari orang yang pernah gagal daripada belajar dari orang yang pernah sukses. Karena memang dari sebuah Pengalaman yang gagal menjadikan kita terinspirasi dan termotivasi untuk bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat untuk sebuah kesuksesan.

Devy Listyarinipada

Sangat penting suatu pengalaman dijadikan landasan dalam menentukan keputusan karena kita telah ada bukti nyata ,apabila kita dihadapkan oleh suatu masalah yang hampir sama dengan yang pernah kita alami,setidaknya kita telah mengetahui apa yang kita putuskan karena pengalsman adalah guru yang sangat berharga.

Edria Alfa (@edriaalfa)pada

pengalaman sangat penting dalam sebuah keputusan, karena dari pengalaman tersebut kita dapat memperbesar peluang kita dalam mencapai kesuksesan. Apabila kita pernah jatuh dalam mencapai sebuah tujuan, proses jatuh tersebut diterima dan diproses oleh alam bawah sadar kita sehingga apabila terjadi kejadian yang serupa/sama, kita tidak harus mengalami jatuh yang kedua kalinya di tempat yang sama. Pengalaman orang lain juga membantu kita mengambil keputusan karena kita menjadi berpikir ulang apabila terjadinya situasi yang sama dengan orang lain.

Nenni Maulanipada

Buat saya faktor pengalaman dalam mengambil keputusan itu penting. Karena dalam mengambil keputusan sering terjadinya sikap dilematik pada diri sendiri yang menyebabkan kita harus ekstra berpikir, dalam proses berpikir kita akan memutar kembali semua pengalaman yang kita alami.
Bukan seberapa banyak pengalaman yang di dapat, tapi lebih dari apa yang kita dapatkan dari sebuah pengalaman. Yang penting Kualitas Bukan Kuantitas. Banyak pengalaman yang mungkin saya dapat tapi seberapa banyak yang menjadi hikmah di baliknya?. Kualitas pengalaman merupakan salah satu kunci untuk membuat keputusan atau memutuskan dan menentukan sebuah pilihan.

Nabila Titis Hermindinapada

Pengalaman sangatlah penting sekali krn pengalaman adalah guru terbaik. Dari pengalaman kita bisa menentukan keputusan yg lebih baik dr sebelumnya..

Nurji Afwanpada

sangat-sangat penting sekali, pengalaman adalah guru terbaik karna dengan pengalaman kita akan jadi lebih baik lagi nantinya

Afifatun Nafisahpada

Pengalaman merupakan suatu hal yang sangat penting, dari pengalaman kita belajar untuk membuat keputusan yang tepat. Pengalaman hidup juga bermacam-macam, baik, buruk, pahit manis, mereka berkolaborasi menjadikan kita lebih matang dalam menjalani hidup untuk menggapai kesuksesan.

Eme C A Rambepada

“Faktor Pengalaman dalam pengambilan keputusan menurut saya memiliki manfaat bagi ‘pengetahuan praktis’, karena dengan adanya pengalaman yang dimiliki seseorang, maka orang tersebut dapat memperkirakan bagaimana keadaan sesuatu ke depannya, dapat memperhitungkan untung-ruginya dan baik-buruknya akan keputusan yang akan dihasilkan.”

Andhika Adhidarmapada

Buat saya pengalaman menjadi sebuah bagian dalam mengambil sebuah keputusan, tetapi bukan merupakan yang terpenting karena pengalaman itu tidak bersifat mutlak dan belum tentu menghasilkan hal yang sama di saat kita mengambil keputusan, alangkah baiknya jika bisa mengambil keputusan dengan akal sehat , berfikir panjang dan memperhatikan segala aspek dan kondisi berikut segala konsekuensi nya.

Adi Reinaldo Putra Situmorangpada

Dengan adanyanya pengalaman kita menjadi lebih hati-hati dalam mengambil keputusan. Apalagi kalau kita pernah mengalami pengalaman pahit yaitu kegagalan, tentu kita tak ingin jatuh ke lubang yang sama kan??

agus martuapada

Sangat Penting.. Karena dari pengalaman kita banyak belajar dalam hidup apalagi dalam mengambil keputusan, benar2 sangat penting. Ibaratnya ketika kita pernah membuat kesalahan dari keputusan kita, pasti kita tidk akan mengulangi kesalahan lagi, artinya tidak akan mengambil keputusan itu lagi, karna kita tidak mngkin mau jatuh ke lubang yang sama. 99% keputusan yang di ambil brdasarkan pengalaman psti berhasil, krna sudah pernah mngalami sblumnya. Ketika kita mngambil keputusan yang blum pernah kita alami dalam hidup kita, maka akan mmperbesar resiko yang kita alami nantinya. Dalam hal ini keputusan tersebut adalah perdana dan mngkin coba-coba. Sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal. Untuk mnghindari besarnya resiko itulah dibutuhkan pengalaman dalam mngambil sbuah keputusan.

Haryanti Tri Hastutipada

Pengalaman memang penting dlm qt mengambil sebuah keputusan tp itu bukan hal yg utama krn pengalaman hanya bersifat membantu qt sbg bahan pertimbangan dlm mengambil sbuah kputusan..

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life