DCSIMG

How To Be Healthy

Bersepeda, Cara Baru Berinvestasi

Oleh BrighterLife.co.id

 “I want to ride my bicycle, I want to ride my bike… I want to ride my bicycle, I want to ride it where I like.” ~ Queen

Anda masih ingat dengan lirik lagu lawas “Bicycle Ride” milik band Queen di atas? Lagu yang sangat populer pada akhir tahun 70-an tersebut memang memiliki lirik dan nada yang membuat semangat.Cocok sekali untuk menemani ketika meng-gowes sepeda yang awalnya lebih dikenal sebagai kegiatan rekreasi dan olahraga saat berakhir pekan. baik dengan keluarga atau dengan mengikuti acara fun bikedi kantor.Isu pemanasan global membuat warga dunia mencari cara alternatif agar polusi udara yang dihasilkan oleh asap kendaraan motor bisa berkurang. Selain menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, pelan-pelan masyarakat dunia, terutama anak muda, mulai gemar bepergian ke tempat beraktivitas dengan menggunakan sepeda.Bersepeda di Indonesia?Di Indonesia, khususnya Jakarta, mungkin tidak sama dengan kota Amsterdam yang memiliki jalur sepeda sepanjang 400 km lengkap dengan parkiran yang sudah tersedia di hampir setiap tempat umum. Mungkin hal itulah yang membuat warga Jakarta harus berpikir berpuluh-puluh kali untuk menggunakan sepeda ke tempat beraktivitas. Akhirnya, budaya bersepeda pun akhirnya baru sampai taraf rekreasi dan olahraga saja.

Tapi coba kita lihat semangat para pengendara sepeda di Jakarta yang dikenal dengan  komunitas Bike2Work. Mereka yang awalnya adalah komunitas sepeda gunung ini memiliki kepedulian untuk menjaga bumi tercinta dengan mengurangi polusi udara dan mengampanyekan kegiatan gowes sepeda ke tempat kerja semenjak 6 Agustus 2004 lalu.

Pelan tapi pasti, warga Jakarta dan warga di kota-kota besar lainnya pun mulai mencoba bike to work. Ternyata, selain membantu mengurangi polusi, ternyata bike to work menawarkan banyak manfaat investasi seperti berikut ini:

1.      Baik untuk tubuh Anda

Menjaga tubuh agar tetap sehat memang merupakan salah satu manfaat bersepeda. Konon, bersepeda adalah olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Sebuah studi di Universitas Purdue Amerika Serikat menghasilkan kesimpulan bahwa seseorang yang bersepeda 32 kilometer setiap minggunya mempunyai kemungkinan lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

Ya! Bersepeda memang sangat erat kaitannya dengan kardiovaskuler atau kesehatan pembuluh jantung sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

2.      Baik untuk jiwa Anda

Untuk Anda yang paginya terganggu karena susah tidur pada malam hari atau insomnia, cobalah bersepeda 20-30 menit setiap harinya. Menurut studi dari Universitas Stanford, bersepeda dapat mempercepat tidur bagi penderita insomnia. Apalagi jika dilakukan pagi hari dengan bermandikan sinar matahari. Konon, sinar matahari sangat bagus untuk merangsang produksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi mengontrol mood atau suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Jika memiliki hormon serotonin yang cukup, suasana hati atau mood positif Anda juga akan muncul.

3.      Baik untuk kantong Anda

Harga BBM nonsubsidi melambung tinggi akibat harga minyak dunia yang naik. Tentunya kebutuhan sehari-hari Anda juga terkena dampaknya bukan? Bersepeda bisa menjadi salah satu solusinya.

Coba hitung, berapa banyak pengeluaran untuk mengisi bahan bakar kendaraan Anda dalam satu bulannya? Lalu, apakah dari pengeluaran tersebut sudah bisa memberikan dua keuntungan seperti pada nomor satu dan nomor dua?  Karenanya, marilah memulai  untuk meng-gowes sepeda ke tempat Anda beraktivitas. Awalilah secara bertahap, seperti seminggu sekali. Kemudian jika sudah terbiasa, lakukanlah lebih rutin. Dengan begitu, selain dapat menghemat pengeluaran, Anda juga bisa mendapatkan kesehatan dan kebahagiaan.

4.      Baik untuk bumi Anda

Ramah lingkungan adalah yang seringdigembar-gemborkan para pesepeda. Bagi mereka, bersepeda adalah salah satu cara untuk menjaga kelangsungan bumi. Pemikiran tersebut didukung dengan data evaluasi yang dikeluarkan oleh Badan Pengendalian Lingkungan Daerah DKI Jakarta pada 2009 lalu. Pada laporan tersebut diketahui bahwa kegiatan Car Free Day (CFD) di akhir pekan berhasil mengurangi polusi udara sekitar 75%.

Apakah sekarang Anda masih berpikir ulang untuk mulai bersepeda? Jika sudah yakin, jangan lupa untuk mengajak keluarga Anda untuk hidup lebih sehat dan untuk bumi yang lebih hijau!

Menurut Anda apa saja kah persiapan yang penting sebelum bersepeda? Share pendapat Anda di bawah ya!

Selamat bersepeda, Bright Friends!

arnipada

Saya setuju sekali mengenai manfaat penggunaan sepeda, tetapi tentunya perlu usaha dan semangat tinggi untuk diberlakukan di jakarta. Saya sangat salut untuk orang-orang yang menggunakan sepeda untuk pergi dan pulang ke dan dari kantor, berjuang melawan asap dan keganasan kendaraan bermotor. Tidak seperti di Amsterdam dan negara Eropa lainnya, dimana banyak sekali sepeda diparkir di tempat parkir khusus sepeda. Dan sudah disediakan tempat di dalam Metro/Subway/MRT untuk meletakkan sepeda. Kapan hal ini terjadi di Indonesia ?

Denny Setia Utamapada

Hi Brighter Life, nice article right here…
Kebetulan saya juga bike-to-work setiap ada kesempatan bersepeda, karena terkadang harus mengantar istri ke kantor juga. Basically saya setuju dengan semua manfaat bersepeda, namun tantangan utama utk bersepeda ke tempat kerja, terutama di Jakarta, adalah kondisi jalanan Jakarta yang amat sangat menantang. Kekacauan lalu lintas semakin membuat pengguna jalan seringkali ‘nekat’ dan cenderung tidak memperdulikan pengendara lain, dan seringkali pesepeda ikut jadi korban.

Saya pribadi tidak terlalu masalah, karena hal itu malah jadi keasyikan sendiri. Namun, hal itu pulalah yg menjadi kendala ketika mengajak orang lain utk bersepeda. Apalagi jika orang tersebut tidak “hobi” bersepeda.

Tapi saya yakin, when road become worse and worse, saya yakin orang akan “mau tidak mau” memaksa diri untuk menaruh sepeda motor dan mobil pribadinya, menyimpan ongkos kendaraan umum di dompet, lalu menggowes sepeda.

Brighter Life Indonesiapada

Pak Denny, bersepeda memang asyik sekali apalagi kalau sudah Hobby ya, Pak. Semoga pengguna sepeda lebih diperhatikan lagi keselamatannya di jalan sehingga dapat lebih nyaman untuk bersepeda setiap hari🙂

Brighter Life Indonesiapada

Benar sekali Bu Arni, terima kasih atas sharing pengalamannya.
Semoga Indonesia nantinya bisa menyediakan infrastruktur yang lebih memadai untuk pengguna sepeda di Indonesia.

Apakah Bright Friends punya pengalaman lainnya sehubungan dengan kegiatan bersepeda?

Ilham Buchoripada

Yang jelas memakai perlengkapan bersepeda, seperti helm, sepatu, kacamata, sarung tangan, masker, dan helm. Agar tidak terjadi apa-apa saat di perjalanan, hendaknya kita harus melakukan pemeriksaan terhadap sepeda yang akan kita kendarai.

Arendziano Rpada

Didalam memulai aktifitas bersepeda kita harus terlebih dahulu mempersiapkan kesiapan peralatan sepeda kita dan memastikan dengan betul bahwa sepeda pada kondisi yang layak pakai, tidak lupa kita sebagai pengendara mempersiapkan kondisi fisik yang prima didalam bersepeda, dan sudah menjadi kewajiban bagi para pengendara sepeda untuk menggunakan alat pelindung seperti helm, kacamata, masker, maupun pelindung lutut.

Dimas Aryo Perdhanapada

1. Mempersiapkan kondisi tubuh; badan kita harus fit, tidak ngantuk, memasukkan sedikit makanan/minuman utk energi
2. Mengecek kondisi sepeda, pastikan komponen2 sepeda berfungsi dengan baik seperti rantai, gear, handling, rem, tekanan ban, dll
3. memakai perlengkapan keamanan bersepeda seperti pakaian bersepeda, helm, sepatu, kacamata, sarung tangan, protektor dan masker.
4. Jangan lupa membawa botol minum, sedikit uang, dan handphone(utk jaga2 klo perlu menghubungi bantuan)

Sriyonopada

Yang aku lakuin sih simpel aja:
1. Aku bersihin dulu sepedaku
2. Aku cek angin di kedua ban sepedaku,ya aku mau pastikan tekanannya cukup
3. Aku cek dan pastikan remnya berfungsi
3 hal ini aja yg sering aku lakuin

anjar (@anzknockknock)pada

gowes mungkin itu kata yang sering kita ucapkan ketika akan bersepeda. inilah langkah kecil yang bermanfaat besar bagi tubuh dan bumi kita. untuk itu kita juga harus mempersiapkan suatu hal sebelum bersepeda agar dalam bersepeda bisa nyaman dan bermanfaat. diantaranya memakai pakaian yang nyaman,menggunakan pelindung kepala,memakai sepatu,sarung tangan,kacamata dan apabila bersepeda di jalan yang penuh polusi wajib memakai masker. selain itu kita bisa membawa kantong plastik untuk membersihkan lingkungan sekitar karena selain berolahraga bersepeda juga sambil merawat lingkungan.

Lisia Indra Saripada

Tips Persiapan
– Cari tahu informasi jalur dan tujuan yang akan dituju, seperti: kondisi medan, jarak tempuh, ketinggian, cuaca
– Siapkan air minum yang banyak kalau lokasinya jauh dan tidak ada warung
– Bawa tools kit dan komponen cadang, seperti: ban dalam dan rantai
– Kondisi tubuh dan sepeda dalam keadaan fit.
– Sebelum memulai perjalanan, usahakan lakukan peregangan otot, sehingga tidak kram.

Tips Aman Bersepeda
– Gunakan perlengkapan pengaman tubuh, seperti: helm, sarung tangan, kacamata. Dan kalau dirasa perlu karena medan yang ekstrim, gunakan body protector dan helm yang full face.
– Untuk melindungi kulit yang terbuka dari sengatan matahari, oleskan sunscreen yang berSPF 30. Dioleskan ke kulit wajah, leher, lengan, dan kaki. Kalau perlu, untuk melindungi bibir, oleskan juga lipbalm ber SPF 30.
– Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat tapi cepat kering dari basahnya keringat. Apabila melewati daerah yang bersemak tinggi, kenakan celana training panjang dan kaos lengan panjang, sehingga kulit terhindar dari gesekan semak-semak.

Paulina SIlviapada

Persiapan yang penting sebelum bersepeda yang pertama kita harus mempersiapkan kondisi sepeda yang akan kita gunakan, pastinya sepeda dalam keadaan ‘ready to use’, tidak ada masalah yang dapat mengganggu perjalanan kita dengan sepeda tentunya, mengecek kondisi sepeda misalnya mengecek kondisi rem, rantai, pedal, roda yang harus dalam keadaan ‘work well’… Setelah memastikan keadaan sepeda yang akan kita pakai, kita harus menyiapkan diri dengan pakaian yang pas untuk bersepeda, tentunya memakai celana atau kaos yang nyaman dipakai untuk bersepeda seperti pakaian olah raga yang mudah menyerap keringat dan memakai sepatu olah raga atau sandal yang nyaman di kaki.. Selanjutnya kelengkapan lain seperti handuk kecil dan air minum juga harus disediakan, supaya saat bersepeda kita berkeringat atau haus, sudah siap deh semua kelengkapan pentingnya.. Kalo semua persiapan sudah Oke, kita tinggal menikmati perjalanan dengan sepeda kesayangan kita deh Bright Friends..
🙂

Dwi putranto miryadipada

Yg pertama qt cek sepeda yg hendak qt pakai mulai dr ban, stang dan rem,jgn smp qt pakai sepeda dg keadaan rem blong. . Trz yg kedua jgn lupa qt pakai pelindung spt jaket, pelindung lutut dan helm,bukan hny pengendara motor aja yg butuh helm,pengendara sepeda jg bth helm sbg pelindung kepala.. Yg ketiga siapkn fisik jgn sampai qt brsepeda dlm keadaan tdk fit atw ngantuk krn itu bahaya untk keselamatan qt. .

Afifatun Nafisahpada

Persiapan sebelum bersepeda :

-Kondisi sepeda, pastikan bahwa sepeda dalam kondisi yang baik dan aman dipakai, mulai dari rem, rantai sepeda serta tekanan angin roda yang sesuai.

-Perhatikan pakaian yang digunakan, pilih baju yang paling nyaman digunakan, karena pada saat bersepeda akan mengeluarkan banyak keringat, pilih baju yang tidak berbahan panas dan mudah menguapkan keringat.

-Jangan lupa untuk membawa bekal air minum, bisa air putih atau minuman elektrolit yang dapat segera mengembalikan cairan yang hilang akibat pengeluaran keringat yang terlalu banyak akibat bersepeda. Selain itu, bisa membawa bekal berupa makanan ringan, seperti crakers, biskuit atau snack bar untuk mengisi perut ketika di tengah jalan terasa lapar.

-Yang paling penting adalah kondisi tubuh, pastikan anda dalam kondisi fit dan sehat.

ratnapada

wah posting yang sangat bagus nih…😀
kebetulan sepeda kini lagi booming. Kebetulan aku menyukai bersepeda walaupun dengan sepeda butut milikki sewaktu aku kecil, ah yang penting sama-sama sepeda dan mempunyai fungsi yang sama.
Dari pengalamanku sendiri, memang ada beberapa koridor yang perlu diperhatikan sebelum bersepeda…
Biasanya lebih asyik kalau bersepeda bareng sama temen2 dan dilakukan malam hari

1. Kita janjian bareng tempat berkumpul dan waktu pelaksanannya
2. Sepeda kuperlengkapi dengan lampu sehingga sepedaku terlihat juga oleh pengendara lainnya di jalan raya
3. Persiapkan fisik mental juga, bahwa kita kaan bersepeda di jalanan. Kita kudu tau dan mengerti akan rambu-rambu lalu lintas
4. Mengerti dengan benar rute perjalanan yang akan ditempuh
5. Bawa botol minum yang pas di stang sepeda
6. Pakai jaket, baju, dan celana senyaman mungkin untuk gerak bersepeda.
7. Tak lupa, sebelum berangkat mengecek sepeda kita sendiri, apakah cukup fine untuk diajak berkelana keliling jalanan.
8. Uda, waktunya bersepedaan…

Wuihh… bakalan seru deh, enak enak enak.

Nurji Afwanpada

Pemanasan berupa peregangan dan aerobik ringan seperti lari kecil untuk mempersiapkan tubuh dan mencegah terjadinya cedera otot.

Rio Pratamapada

persiapkan segalanya sebelum kita berspeda, dari mulai kelengkapan peralatan sepeda seperti helm, sarung tangan, sepat dll. lalu kesiapan sepeda itu sendiri misalnya keadaan ban, penggunaan rem yg masih pakem, dll… setelah itu baru kesiapan kita sendiri apakan kita sudah siap untuk bersenang-senang dalam bersepeda..

Zakiapada

Pertama, siapkan mental untuk bersepeda
kedua, perhatikan kondisi sepedanya. Cek semua bagian sepeda agar ready to use pas dikendarai
kedua, lengkapi dengan perlengkapan yang dapat melindungi tubuh dari segala bahaya, seperti helm, masker, atau kacamata

Fajar Rhenzy Elazapada

kondisi tubuh yang paling penting!
karena fit atau tidaknya bersepeda itu berasal dari si pengendara. kalau tidak fit, maka akan susah. seperti kurang tidur, itu juga memperngaruhi, dan itu merupaakan “requirement” yang penting juga untuk bersepeda. lalu pastikan kondisi sepeda dan perlengkapan seperti helm dan sarung tangan sudah ada. maka akan lebih rileks dan santai dalam bersepeda.

karijadipada

kalau saya setiap hari bersepeda kurang lebih 1 jam setelah sholat shubuh, tapi kalau kerja sih tetap pakai motor, soalnya ndak tahan panasnya udara dan polusi.

Kanggojipada

Jangan lupa bawa ketapel, jika lagi bersepeda dikejar-kejar anjing.

    Brighter Life Indonesiapada

    Persiapan yang menarik, Pak Kanggoji🙂
    Mungkin Anda harus terlebih dahulu mengecek rute sepeda dan menghindari jalan-jalan yang ada anjingnya🙂

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life