DCSIMG

How To Be Wealthy

Investasi dan Manfaat Jangka Panjang

Oleh BrighterLife.co.id

Anda pasti memiliki rencana-rencana dalam hidup ini. Bukan hanya rencana jangka pendek seperti akan memakai celana warna apa esok hari atau akan makan pasta saat malam hari, tapi juga rencana jangka panjang seperti kuliah S2 di umur 23 tahun, kemudian menikah dan memiliki anak sebelum umur 27 tahun.

Jika Anda pikir rencana-rencana tersebut mudah direalisasikan, keep going with it! Hanya saja, agar rencana tersebut bisa berjalan dengan lancar, Anda pun harus menyiapkan sejumlah rencana pendukung. Dengan begitu, Anda akan bisa mengambil langkah antisipatif jika tiba-tiba ada hal tak terduga datang menjadi tembok penghalang mimpi.

Ya! Anda pastinya sering bertemu masalah yang datang tanpa diundang. Masalah pun seringkali datang saat Anda lengah dan kurang waspada. Seperti kecelakaan, sakit, dan masalah-masalah lainnya. Akhirnya, rencana yang sudah Anda susun pun jadi terganggu.

Lalu bagaimanakah caranya Anda bisa berdamai dengan masalah-masalah yang sering muncul secara tiba-tiba? Salah satu solusinya adalah dengan mulai menabung atau berinvestasi sehingga bisa menyokong Anda secara finansial ketika hal tak terduga datang menghampiri.

Selain dapat bantu meringankan beban saat hal-hal tidak terduga datang, investasi pun dapat memberikan berbagai manfaat seperti:

1. Mendorong untuk Hidup Hemat

Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian adalah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan manfaat dari investasi seperti asuransi jiwa. Ketika mendaftarkan diri ke program asuransi jiwa, maka Anda perlu membayarkan premi yang sesuai dengan nominal yang telah disepakati sebelumnya.

Membayar premi memang terkesan membebani biaya hidup sehari-hari yang harus dipotong secara rutin. Namun, jika dilihat dari sisi lain, membayarkan premi adalah salah satu cara agar Anda bisa memiliki a brighter life di kemudian hari. Seperti peribahasa di atas, kita baru akan menikmati hasilnya kemudian.

2. Menjamin Kebahagiaan Keluarga Anda

Kini, membahagiakan keluarga menjadi prioritas utama dalam hidup Anda. Membayarkan iuran sekolah anak dan mengajak mereka liburan bersama pasangan ke tempat favorit juga menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Namun, Anda harus sehat agar bisa mewujudkan rencana tersebut. Apalagi, a brighter life bukan lagi hanya untuk saat ini dan diri sendiri, tapi sudah melibatkan keluarga dan masa depan mereka.

Namun, seperti yang kita ketahui, hal-hal tak terduga seperti penyakit kerap datang secara tiba-tiba bersamaan dengan keharusan membayar iuran sekolah anak dan mengajak berlibur ke tempat favorit. Karena itulah, menginvestasikan dana untuk mengikuti program asuransi jiwa dan asuransi pendidikan merupakan tindakan yang tepat untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

3. Menghindari Jerat Utang

Godaan untuk bersifat konsumtif memang sulit dihindarkan. Apalagi hasrat untuk memiliki gadget seri terbaru, membeli barang-barang branded, hingga membeli tiket pesawat beserta hotel dan paket tur liburan ke tempat favorit semakin menggebu.

Mungkin, menggunakan kartu kredit bisa menjadi salah satu solusi memuaskan hasrat konsumtif tersebut. Tinggal gesek, apa yang Anda inginkan pun sudah bisa dimiliki. Namun sayang, saking seringnya menggesek, Anda pun terkadang jadi sering lepas kontrol.
Akhirnya, pada bulan berikutnya – tepatnya saat tagihan datang, Anda pun jadi kebingungan mencari cara membayar tagihan kartu kredit yang jauh melampaui kemampuan finansial saat itu.

Berbagai gagasan pun muncul. Mulai dari meminjam uang di bankhingga sanak keluarga. Padahal, jika sebelumnya sudah menginvestasikan sebagian dari pendapatan Anda secara rutin tiap bulan dalam bentuk tabungan atau asuransi, investasi tersebut pun dapat digunakan untuk mengatasi masalah satu ini.

Bright Friends, selain mafaat diatas, apa sajakah manfaat berinvestasi lainnya menurut Anda?

oestam dwi karyadipada

kita hidup tidak sendiri,kita hidup bersama dengan orang-orang yang kita cintai.hidup adalah perjalanan yang panjang dan kita hanya bisa menyiapkan yang terbaik untuk hidup kita dan Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita..masa depan akan memperhatikan kita jika kita memperhatikan masa sekarang.

adhityapada

seandainya saya menginvestasikan 1 juta / bulan dalam waktu 10 tahun
kira2
mendapat keuntungan berapa? mohon penjelasan.

maysiella sabrina (@siella_)pada

manusia punya umur maksimal untuk bekerja, so tidak selamanya kita hidup untuk bekerja bekerja dan bekerja demi bisa makan dan memenuhi kebutuhan.lagipula tidak semua perusahaan menjamin karyawannya dengan memberikan dana pensiun. Nah, dengan berinvestasi kita sudah punya dana saat kita tua nanti, setidaknya dana tersebut bisa dijadikan modal usaha sendiri jika kita sudah tidak produktif lagi bekerja dengan sebuah perusahaan.

Lisia Indra Saripada

Dengan investasi mengajarkan kita untuk kreatif dan disiplin. Kreatif mengolah keuangan sehingga dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Disiplin mengolah keuangan sesuai dengan komitmen yang telah dicanangkan.

Zakiapada

manfaat berinvestasi lainnya menurut saya adalah

Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak di masa datang.

Mengurangi tekanan inflasi. Dengan melakukan investasi dalam kepemilikan perusahaan atau
obyek lain, seseorang dapat menghindarkan diri dari risiko penurunan
nilai kekayaan atau hak miliknya akibat adanya pengaruh inflasi.

Dorongan untuk menghemat pajak

ILHAM BUCHORIpada

Manfaat melakukan investasi lainnya menurut versi saya adalah dapat melatih kita untuk lebih bijak dalam mengalokasikan penghasilan. Selain itu, manfaat yang akan kita rasakan saat melakukan investasi adalah dapat digunakan sebagai modal usaha (ketika kita pensiun)

Arendziano Rpada

Investasi disatu sisi dapat memberikan ketenangan kepada keluarga didalam hal finansial, dikarenakan dengan melakukan investasi berarti kita telah menyimpan kekayaan kita dan nilai daripada investasi kita yang cenderung mengalami penaikan tiap waktunya, dapat dijadikan sebagai bekal kita menghadapi masa pensiun nanti sebagai modal usaha kita

Reni Susantipada

Manfaat lain dari investasi adalah menjamin kondisi finansial kita secara lebih pasti. Selain itu berinvestasi mendorong kita lebih bijaksana dalam mengatur keuangan kita, yang pada akhirnya justru akan menyehatkan keuangan kita secara keseluruhan.
berinvestasi juga bisa memberi contoh pada keluarga kita untuk melakukan hal yang sama.
Dengan investasi, keuangan kita bisa lebih terjamin, hasil lebih pasti, situasi lebih menyenangkan sehingga jelas-jelas ini adalah a brighter life, bukan hanya buat kita tetapi juga untuk seluruh anggota keluarga kita

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life