DCSIMG

How To Be Wealthy

Sehatkah Keuangan Anda?

Oleh Prita H. Ghozie, ZAP Finance

Menurut saya, jadi kaya itu hukumnya wajib buat semua orang. Kita harus sadar bahwa untuk memperoleh pendidikan, rumah, pelayanan kesehatan, pakaian, dan semuanya itu tidak ada yang gratis. Bahkan seseorang yang mendapatkan beasiswa saja pasti harus menunjukkan prestasi di sekolah sebelumnya. Dan sekolah sebelumnya itu belum tentu gratis, bukan?

Dari lebih satu juta kelas menengah di Indonesia saat ini, ternyata hanya 24% yang mampu menyisihkan setidaknya 20% dari penghasilan bulanan. Banyak orang berpendapat bahwa dengan memiliki tingkat penghasilan yang tinggi, maka dirinya akan terhindar dari berbagai macam masalah finansial. Kenyataannya, saya banyak mendapati dengan kenaikan penghasilan, diikuti dengan kenaikan pengeluaran yang seringkali angkanya dua kali lipat.

Dengan persentase kenaikan penghasilan yang tidak lebih besar dari pengeluaran, hal ini berarti Anda akan semakin sulit menemukan uang sisa dalam rekening Anda untuk ditabung dan diinvestasikan. Kondisi ini bisa lebih parah jika ternyata Anda menumpuk utang demi kenaikan standar hidup Anda.

Layaknya tubuh Anda, keuangan Anda pun memiliki suatu kriteria tertentu untuk bisa dikatakan sehat dan akan memberikan suatu sinyal ketika kondisi tidak berjalan secara normal. Bagaimana saya bisa mengetahui keuangan saya dalam keadaan sehat atau sakit?

Financial Check-up
Tahu dengan persis berapa angka-angka kita merupakan kunci penting dalam mengambil alih kendali keuangan Anda. Bila sampai detik ini Anda masih tidak perduli, maka Anda berasumsi bahwa Anda akan terus memiliki pekerjaan yang baik, bisnis Anda terus sukses, gaji Anda selalu meningkat lebih tinggi daripada inflasi dan Anda sama sekali tidak punya sanak saudara atau teman yang mungkin perlu bantuan Anda.

Seperti memeriksakan kondisi tubuh Anda ke dokter, dompet Anda juga wajib diperiksa oleh dokter uang setidaknya satu tahun sekali. Melalui financial check up, Anda akan tahu pasti jumlah aset dan utang yang dimiliki saat ini. Anda juga bisa mengetahui kemana saja larinya penghasilan yang diperoleh selama ini. Hasil check up akan dilihat dengan 3 rasio utama.

Saving Ratio yang menunjukkan seberapa besar bagian dari penghasilan Anda yang menjadi komitmen untuk disisihkan. Lalu, debt-service Ratio yang memberikan indikasi porsi penghasilan yang harus Anda keluarkan untuk membayar utang. Terakhir, liquidity Ratio yang memberikan gambaran mengenai jumlah dana yang bisa Anda gunakan untuk menunjang hidup jika sewaktu-waktu Anda tidak lagi menerima penghasilan.

It is how much you saved…
Pernahkah Anda merasa penghasilan sebesar apa pun sepertinya tidak pernah cukup. Buat saya, jika Anda sudah bekerja selama 5 tahun atau lebih, tapi hingga detik ini tidak punya tabungan maka saya beri Anda lampu merah untuk kondisi dompet. Yang penting itu bukan gaji kok, tapi seberapa dari gaji yang bisa Anda ambil untuk masa depan.

Saya selalu katakan: Gaji tidak berhubungan dengan KAYA, tapi dengan LIFESTYLE. Anda punya gaji besar, tapi semua habis buat gaya hidup sekarang, artinya Anda miskin buat masa depan. Sebaliknya, meski gaji kecil, tapi kalau pandai mengatur untuk hari ini, lusa, dan masa depan, maka peluang menjadi kaya lebih besar.

Tips untuk Keuangan Sehat

  • Buatlah budget yang fleksibel sesuai dengan cara Anda memandang hidup yang indah.
  • Sesuaikan standar hidup Anda sesuai budget yang telah Anda buat.
  • Apabila budget lebih besar dari penghasilan Anda, tentukan prioritas keuangan Anda.
  • Lakukanlah review untuk membandingkan pengeluaran aktual dan budget setiap bulan.

Planning your financial is the new style. Memiliki rencana keuangan merupakan langkah paling awal menuju kebebasan finansial. Kita cenderung memilih terlihat “tampak kaya”, meski keropos didalam. Sudah terlalu banyak saya bertemu dengan orang yang tak peduli dengan masa depannya, seakan-akan hidup itu hanya untuk hari ini. You deserve to be wealthy. Ayo sehatkan keuanganmu sekarang juga!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life