DCSIMG

How To Be Healthy

Kehidupan Sehat yang Seimbang

Oleh BrighterLife.co.id

Sehat itu mahal. Ya, di jaman sekarang ini, dengan tingkat stress dan mobilitas yang sangat tinggi, mempunyai raga yang walafiat ada harganya. Bukan itu saja, pengaruh polusi udara juga tidak bersahabat. Idealnya, kita hidup tenteram di alam pedesaan yang masih bersih dan segar. Siapa yang tidak mau itu. Tapi kenyataannya, masyarakat modern sekarang cenderung mencari nafkah di kota besar. Jadi bagaimana kita bisa mengimbangi kehidupan yang super sibuk ini agar kesehatan tetap terjaga?

Ada ungkapan dalam bahasa Inggris yang sering kita dengar, “You are what you eat”. Memang terdengar klise. Tapi itu benar sekali, “Kita adalah apa yang kita makan.” Bukan berarti kalau banyak makan tempe artinya memiliki ‘mentalitas tempe’, sebuah istilah yang menggambarkan seseorang yang, sebut saja, kurang berpendidikan. Salah besar! Tempe is so healthy for you. Nah, sekarang coba kita introspeksi diri dulu. Mungkin ambil cermin, lalu dengan sangat jujur kita bertanya, “Apakah saya sudah hidup sehat? Apakah saya sudah memberikan keluarga saya makanan yang bisa menunjang kesehatan mereka?”

Mungkin ada yang menjawab “Makanan sehat itu tidak enak, anyep, membosankan!” Atau juga “Maunya sih menyiapkan makanan sehat sendiri tapi tidak ada waktu.” Alasan klasik sepanjang masa. Kenyataannya ada banyak cara untuk menciptakan hidangan sehat yang sedap. Masalah waktu? Come on, masa kita bisa memberikan waktu untuk perusahaan tempat bekerja tapi tidak bisa meluangkannya untuk diri sendiri dan keluarga?

Untuk tahu makanan apa saja yang sehat, luangkan waktu di hari Sabtu atau Minggu dan kelilingi supermarket favorit dan perhatikan semua bahan-bahan yang dijual. Apakah di bagian sayuran ada yang organik? Apakah di rak pendingin bagian dairy ada susu rendah lemak? Atau mungkin mengganti susu sehari-hari dengan susu kedelai (soy milk)? Bagaimana dengan garam? Di pasar swalayan sekarang ada garam rendah sodium. Jadi tidak ada alasan untuk membuat hidangan anyep.

Selain itu, ganti gula dengan fruktosa yang diproses secara alami dari buah-buahan, kalau tidak menginginkan pemanis buatan. Jangan keburu beranggapan kalau produk-produk ini semua mahal. Perhatikan harganya, bandingkan dengan produk sejenis. Dan yang penting juga, selalu baca tabel gizi yang biasanya mencantumkan kalori, lemak kadar garam, kadar gula dan mungkin vitamin dan mineral lainnya. Untuk pagi hari, sesekali suguhkan roti gandum. Pikirkan isian roti yang menarik. Olesi mentega non-kolesterol, panggang di wajan, beri irisan keju rendah lemak dan diberi topping telur orak arik (scrambled egg). Jangan keburu protes “Telur kan tidak sehat!” Ingat, badan kita tetap membutuhkan protein, karbohidrat, lemak, kadar gula dan tentu saja juga serat. Apalagi di pagi hari, di mana perut kita puasa selama kurang lebih 8 jam selama tidur.

Menjalankan pola makan ekstrem juga tidak baik. Yang penting adalah bagaimana kita mengatur dan mengimbanginya. Misalnya, tentukan sikap bahwa ‘saya hanya makan telur 2 kali seminggu’ atau ’konsumsi steak yang berlemak saya batasi 1 kali sebulan’ tentu saja ini juga berlaku untuk keluarga. Ajak anggota keluarga untuk ikut dalam ‘program makan sehat’. Kalau anak-anak di rumah masih kecil, terangkan dengan bahasa yang yang mudah mereka pahami. Kata kunci disini adalah disiplin. Perlahan, kedisiplinan itu akan berubah menjadi kebiasaan. Dan kalau sudah biasa tidak akan terasa berat untuk menjalankannya. Yang penting juga, harus dimulai dari kita sendiri dulu. Kalau kita yakin menjalankannya maka anggota keluarga lain akan juga mengikuti jejak hidup sehat.

Nah, kalau sudah begitu setiap kita bercermin dan bertanya pada diri sendiri “Apakah sudah hidup sehat?” Dengan yakin jawabannya adalah “Ya, tentu saja!” and it will make you feel so good.

Menurut Bright Friends, bagaimanakah caranya menerapkan kehidupan yang sehat dan seimbang?

htwongcandypada

Correct choice of food is the key points to maintain a healthy body. We should have the good habbits to read the nutrition label on the package, try to buy more fresh organic food from market, also take care on the cooking way to keep the vitamins in vegetables.

Candypada

Correct choice of diet is always important to maintain a healthy body. We should also take care on the nutritients label, expiry date on the package. For household, it will be better if we can buy fresh organic vegies from market.

Ilham Buchoripada

cara menerapkan kehidupan yang sehat dan seimbang versi saya
1. Memperhatikan pola makan. Pilihlah menu makanan yang mengandung banyak serat agar tubuh tetap fit dan perbanyak minum air putih
2. Tidur lebih awal dari biasanya
3. Luangkan waktu untuk olahraga. Sebaiknya dilakukan di pagi hari or sore hari
4. Luangkan pula waktu untuk berkumpul dg keluarga agar semakin akrab dan hangat
5. Sesekali ajak keluarga pergi jalan-jalan. Paling tidak ke t4 wisata pilhan keluarga yang ada di dalam kota.
6. Jangan melakukan pekerjaan di malam hari, kec pekerjaan tersebut benar2 genting

Dimas Aryo Perdhanapada

Cara menerapkan kehidupan yang sehat dan seimbang adalah dengan pola hidup alami (back to nature) dalam kehidupan sehari-hari dengan memperhatikan dan menerapkan 3 G, yaitu:
– Gizi seimbang(Makan 4 sehat 5 sempurna),
– Gerak badan(olahraga teratur),
– dan Gaya hidup sehat. seperti menghindari kebiasaan merokok, minuman beralkohol, penyalahgunaan obat-obatan terlarang (MADAT), kurang tidur, dan menghindari stres atau depresi, serta menjaga pola makan, sehingga tubuh tidak rentan terhadap serangan penyakit.

anjar (@anzknockknock)pada

hidup yang seimbang menurut saya hidup yang polanya teratur. dimulai dari tubuh kita sendiri yaitu antara pekerjaan,istirahat dan olahraga bisa dilakukan dengan seimbang yaitu bekerja tidak terlalu lelah, istirahat yang cukup dan berolahraga yang teratur. selain itu makanan juga harus diperhatikan. makan makanan yang menyehatkan dan penuh gizi dan sekali kali makan enak.

Lisia Indra Saripada

Kehidupan yang sehat dan seimbang dapat diperoleh apabila kita mampu menerapkan keseimbangan kebutuhan jasmani dan rohani. Boleh kita semangat bekerja untuk mencari nafkah, namun aspek rohani wajib dijaga juga, dengan tetap mendekatkan diri kepada Yang Di Atas dan keluarga. Diharapkan kita bisa selalu berbahagia.

Paulina SIlviapada

Dengan menghargai diri kita sendiri, maka kita akan memperlakukan sebaik-baiknya diri kita, mulai dari memelihara kesehatan tubuh dengan pola hidup yang sehat, makan makanan yang sehat, mengatur pola makan yang baik setiap hari, teratur berolah raga dan cukup beristirahat. Sejenak kita juga perlu memanjakan diri misalnya dengan memanfaatkan weekend atau hari libur seoptimal mungkin, berhenti sejenak dari rutinitas sehingga kita juga dapat merelaksasi tubuh yang setiap hari bekerja atau berkegiatan..

ratnapada

Memiliki hidup yg sehat dan seimbang, sangat mudah untuk diutarakan/ditulis namun cukup susah untuk menjalankannya.
Yang sangat penting adalah : niat/tekad/kemauan

1. Makan secara teratur dengan asupan gizi yang cukup dan memiliki jam makan yang teratur
2. Jauhkan dari pikiran stress, semua dibawa enjoy saja
3. Tak lupa juga berolah raga

Cukup 3 point, dengan disertai kemauan, pasti bisa sukses 😀

Raden Bambang Widya Permadipada

Intinya memiliki kemauan terlebih dahulu. Diawali dengan kemauan tersebut barulah pola hidup sehat tersebut kita jalani dengan penuh konsistensi dan tanggung jawab untuk mencintai kesehatan keluarga, orang yang kita sayangi dan juga diri sendiri.

Desy Prasetyaningrumpada

Jawaban
Membagi waktu antara bekerja, olahraga dan istirahat

Gunawan Candrapada

Menerapkan hidup yang sehat dan seimbang adalah dengan cara mengatur pola makan, mengkonsumsi makanan2 yg kaya serat, mengkonsumsi kandungan gizi 4 sehat 5 sempurna, istirahat yang cukup dan olahraga yang rutin. Biasakan makan nasi dengan porsi kecil tetapi rutin (lbh dr 3x sehari ) daripada porsi besar sekaligus (cuma 2x sehari) , karena tidak bagus untuk pencernaan, kaget harus bekerja extra mencerna makanan dalam jumlah besar. Begitu pula dengan minum, biasakan minum air putih dipagi2 hari dan selanjutnya secara rutin. Jangan biasakan minum dalam jumlah banyak sekaligus, lbh baik sedikit demi sedikit tetapi rutin. Dan maksimalkan waktu istirahat kita, jgn membiasakan tidur malam (begadang), juga jangan lupa menyisihkan waktu seminggu minimal 2x u/ berolahraga. Pola hidup sehat akan mempengaruhi totalitas hidup, relationship (hubungan kita dengan DIATAS maupun sesama), keluarga dan pekerjaan baik secara langsung maupun tidak langsung, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Nikmati aktivitas diatas jangan menjadikan sebagai beban. Semangat menjalani hari2 mu dengan senyuman.

vanduberpada

great article. sehat nya kesehatan yang kadang kita tidak memperhatikannya 🙂

GPS Tracker

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life