DCSIMG

How To Be Healthy

Makanan Sehat Untuk Tubuh yang Bugar!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (21)

Kita mendambakan tubuh yang sehat dengan postur seimbang. Karena itulah, saat dihadapkan dengan beragam kesempatan untuk memilih makanan, kita seringkali dihadapkan pada pilihan yang sulit.

Masalahnya sendiri sederhana simple! Pertama, kalau memilih makanan terlalu banyak dan yang enak-enak, maka berat tubuh ideal bisa gagal didapatkan. Tapi, kalau makan dalam jumlah yang sedikit, nutrisi tubuh jadi tidak bisa tercukupi. Lebih buruk lagi, kita pun menjadi tidak bugar dan rentan terserang flu, masuk angin, kedinginan hingga bersin-bersin setiap bangun pagi. Akibatnya, banyak aktivitas kita yang jadi terhambat.

Dilema oh dilema!

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan? Tips food combining alias pola makan yang selaras berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk tetap memiliki tubuh yang sehat serta berkualitas.

Melalui buku yang berjudul Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, Pola Makan untuk Langsing dan Sehat ), Andang W. Gunawan), mengajarkan mengenai pola makan yang selaras dengan mekanisme alami fungsi tubuh melalui perhitungan berapa banyak makanan yang akan masuk, dicerna, serta diserap oleh tubuh.

Pola makan yang selaras menganjurkan kita untuk hanya memakan sesuatu yang berasal dari alam dan jauh dari bahan kimia tambahan atau sintesis. Seperti makanan kaleng, makanan yang telah diawetkan (sawi asin, manisan buah, atau abon) serta makanan yang mengandung food additives misalnya monosodium glutamate (MSG). Selain menjadi lebih sehat, mereka yang menerapkan pola makan selaras terlihat lebih muda dengan postur tubuh yang seimbang dan ideal.

Nah, jika Anda ingin menerapkan pola makan selaras, maka mulailah memberikan asupan makanan sesuai dengan 3 tahap sistem metabolisme tubuh. Berikut adalah salah satu contohnya.

1. Pukul 04.00 – 12.00

Pukul 4 pagi hingga 12 siang adalah saat dimana tubuh sedang berfokus untuk melakukan pembuangan setelah menyerap nutrisi serta asimilasi. Kita dianjurkan untuk tidak makan apa pun, kecuali buah-buahan dan air putih pada rentan waktu ini. Ini semua dilakukan agar kerja tubuh tidak semakin berat karena banyaknya zat yang tidak diperlukan tersimpan dan menumpuk di dalam tubuh.

2. Pukul 12.00 – 20.00

Pada pukul 12.00 – 20.00 sistem metabolisme tubuh sedang bekerja untuk mencerna makanan. Karena itu, tidak masalah jika kita mulai makan dengan kuantitas yang lumayan banyak.

Untuk makan siang, mengonsumsi nasi dengan lauk hewani plus sayur mayur sangat dianjurkan. Lalu, karena rentang waktu yang cukup panjang, kita bisa menyelinginya dengan asupan kudapan sehat. Seperti kacang tanah tanpa garam yang punya kandungan protein tinggi dan rendah gula, apel dan pisang, serta keju cheddar.

Untuk yang terakhir, Dr Emma Williams dari British Nutrition Foundation menyatakan bahwa, “Keju cheddar tidak masalah dikonsumsi saat sore hariasalkan jumlahnya tidak berlebihan serta digabungkan dengan mayones atau saus krim.”

3. Pukul 20.00 – 04.00

Mulai pukul 20.00 – 04.00, tubuh sedang melakukan proses penyerapan nutrisi dan asimilasi dari makanan yang masuk selama satu hari. Meski begitu, kita tetap dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi nasi dengan lauk nabati (tahu, tempe) plus sayur mayur sebagai hidangan makan malam.

Harus diingat, kita pun harus berhenti makan berat sebelum pukul 21.00. Jika setelah pukul 21.00 kita tiba-tiba lapar, maka menyantap buah-buahan seperti apel atau pisang adalah solusi terbaik.

Last but not least, meski sudah mengikuti gaya hidup pola makan selaras, kita tetap harus menyeimbangkannya dengan olahraga teratur. Seperti jogging di pagi atau sore hari.

Apakah Bright Friends punya tips lain agar makanan yang kita asup dapat membuat tubuh menjadi bugar? Share tips Anda di bawah yuk!
Nina Agustinapada

Saya tidak hanya berani mencoba tetapi benar-benar harus menerapkan hidup sehat karena setelah merasakan sakit karen pola hidup yang tidak sehat begitu pula konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan yang selama ini saya makan hanya mengandung lemak tapi tidak memiliki gizi dan nutrisi yang banyak. Oleh karena itu mulai sekarang saya akan mengkonsumsi makan-makanan yang berasal dari alam seperti sayur-sayuran segar dan buah-buahan. Biasanya untuk sayur-sayuran saya hanya akan menggunakan bahan-bahan alami seperti garam dan gula sbg penyedap rasa. Lalu utk buah-buahan saya lebih sng mengkonsumsi buah pepaya karena bagus untuk melancarkan pencernaan dan buang air besar.

Hanna Nauli Panjaitanpada

Selain pola makan yang selaras, yang harus diperhatikan agar memiliki tubuh yang bugar adalah pemilihan kualitas bahan bahan makanan tersebut (sayur-sayuran yang segar, daging yang segar, dll). Dan tentu saja dengan diimbangi olah raga teratur (pemanasan/streching ringan sudah cukup), dan juga pemikiran yang jernih, maka tubuh semakin bugar dan tidak mudah lesu. Saya sudah mencoba nya 😀

ratna jaya kusumawatipada

Ya, saya berani dan berusaha mencobanya.
Why? Karena saya selama ini jujur memiliki gaya hidup pola makan yang tidak beraturan, dimana saya makan terlalu berlebihan saat saya lagi good mood dan suasana hati enak ataupun lagi lapar. Namun saya enggan makan saat perut masih kenyang walaupun sudah masuk jam makan. Juga dengan alasan aktivitas saya yang padat, saya juga sudah tidak pernah olahraga lagi.

Namun saya tersadar dengan membaca artikel ini. Bahwa gaya hidup saya suda benar-benar amburadul. Tidak heran, badan melar, mudah capek, dan mudah terserang influenza.

Saya akan mencoba untuk hidup lebih baik, mengatud pola makan saya dan menyisihkan waktu untuk berolahraga secara rutin. Umur saya masih panjang dan dalam usia produktif, saya ingin menjalani hidup saya ini dengan begitu bermanfaat dan sehat tentunya…

Larassita Pratamapada

Agar makanan yang kita makan berguna buat tubuh kita dan membuat kita bugar, sebaiknya di atur pola makannya dan mengatur pula jenis serta porsinya. Pilih makanan dengan kadar lemak rendah. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 6-8 gelas per hari. Selain menyegarkan dan bermanfaat untuk kulit kita, air putih juga berpengaruh untuk metabolisme tubuh kita. Penting untuk kebugaran tubuh juga. Sebaiknya pilih bahan makanan yang alami, seperti sayur atau daging segar. Kalau bisa hindari makanan-makanan yang sudah diolah seperti makanan kaleng, dan makanan cepat saji karena kandungan kalori dan lemaknya sangat tinggi. Pilih makanan atau cemilan sebaiknya didasarkan pada makanan tinggi karbohidrat (sereal, roti, nasi, kentang, pasta). Untuk menghindari kelelahan dan meningkatkan performa anda pada aktivitas sehari hari. Jangan lupa konsumsi Vitamin ya teman. Dan yang terpenting adalah, nikmati makanan yang kita makan 🙂 Selamat mencoba, dan selamat menjalani aktivitas ^^

sri yonopada

Kalau bagi saya yang pertama itu :
1.kenali dulu aktivitas kita sehari ini, apakah kerja berat atau ringan.
2. Setelah itu baru konsumsi makanan sesuai aktivitas, jika berat ya perlu makanan yg menghasilkan bnyk energi
3. Makan makanan yang masih segar
4. Olahraga teratur
semoga bermanfaat

ILHAM BUCHORIpada

tips agar makanan yang kita asup dapat membuat tubuh menjadi bugar versi saya:
1. Masaklah menu makanan itu dalam keadaan benar-benar matang. Kecuali untuk beberapa kudapan yang dalam proses memasaknya yg disengaja dimasak dalam keadaan setengah matang.
2. Cuci buah, ikan, dan sayur sebersih mungkin tanpa menghilangkan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.
3. Jangan lama memasukkan buah, ikan, dan sayur ke dalam lemari pendingin. Karena hal ini dapat menyebabkan berkurangnya nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Noviana Indah Mustikaningtyaspada

Mau lebih bugar? tips saya sih kita harus cermat nih buat milih makanan yg kita makan, ingat pepatah “we are what we eat”. Ini dia: Pertama, pilih si padi-padian, si sumber energi, misal nasi, sereal, kacang hijau, roti gandum. Kedua, pilih sayuran dan buah yang kaya vitamin dan serat, bisa sayur atau buah segar, salad (tanpa mayo yaaaa) atau smoothies. Nah untuk energi tahan lama yang mengandung protein nih, seperti telur, ikan, daging putih, susu. Terus kalo dikasih opsi pilih roti gandum siram madu n pisang atau nasi goreng. Tentu pilih roti gandum ya. Atau gado2 versus lontong sayur. Wrong choice tuh kalau pilih lontong sayur, better gado2, byk sayurannya, dan bebas santan.

Yuyun Kusmayanti (@Yu2nTea)pada

Makan Buah Segar Saat Sahur Bisa Kurangi Risiko Dehidrasi.

Buah-buahan tertentu khususnya yang banyak mengandung air bisa membantu menjaga kecukupan cairan selama berpuasa sepanjang hari.

Melon, semangka, timun dan tomat termasuk buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur dan berbuka.

Selain mengandung air, buah-buahan tersebut juga banyak mengandung mineral penting untuk menjaga keseimbangan eletrolit tubuh.

Yulia Sugihartipada

Tips Supaya Makanan yang kita asup dapat membuat tubuh Menjadi Bugar:
1. Pemilihan sayuran dan buah-buahan yg masih segar dan kualitas bagus. Lebih baik memilih sayuran organik karena terhindar dari zat pestisida.
2. Memilih ikan, daging, ayam yg masih segar. Hindari penyimpanan yg lama di kulkas atau beku terlalu lama. Ikan/ayam/daging baru potong langsung di masak lebih sehat.
3. Memasak sayuran jgn terlalu lama supaya nutrisi gizinya tetep utuh. Namun untuk memasak lauk. ayam, daging, telor harus sampai matang.
4. Selalu mencuci sayuran, buaha, buahan, ika, ayam, daging dalam air yg mengalir.
5. Porsi makan cukup. karena Kekenyangan menyebabkan gangguan kesehatan.
6. Selalu di barengi dengan olahraga.

Ervina Setiantipada

Tips selain kombinasi pola makan adlh:

1. Jgn trlalu bnyk mengkonsumsi makanan instan spt mi instant/mkanan dlm kaleng, akan lbh baik memasak sendiri dg bgitu qt tw asupan gizi yg masuk ke tubuh qt.

2. Stelah makan jgn lgsg beraktivitas berat,usahakan untk sejenak duduk agar asupan makanan dpt terserap sempurna oleh tubuh.

3. Minum scukupnya, jgn trlalu sdkit krn akn menghambat kelancaran pencernaan dan penyerapan gizi. Tp jg jgn trlalu bnyk minum nanti yg ada perut jd kembung & mengganggu aktivitas.

Nuki Suprayitno (@nukisuprayitno)pada

tips agar makanan yang kita asup dapat membuat tubuh menjadi bugar menurut saya antara lain:
1. makanan sebaiknya senantiasa bervariasi, selain meningkatkan selera makan juga mampu memenuhi berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh.
2. pastikan makanan selalu memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna
3. tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan, tubuh kita memiliki standarnya sendiri, jika berlebihan akan ditumpuk dalam bentuk lemak dan juga memperberat kerja organ tubuh dalam mengolah makanan yang masuk
4. hindari makanan berpengawet

Kira-kira demikian tips dari saya

Eny Christiningsih (@EnyC_)pada

Agar makanan yang kita asup dapat membuat tubuh menjadi bugar, pertama harus dimulai dari mengenal habit makan diri sendiri. Terkadang ada makanan2 yang bisa ditolerir oleh tubuh kita dan tidak, dari situ mulailah selektif memilih makanan yang masuk, pilih makanan yang sehat dan diolah dengan sehat. (lebih asyik kan jika bisa makan-makanan sehat yang kita suka). Setelah itu prinsipnya adalah semuanya harus seimbang (karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin) Jangan berlebihan mengkonsumsi atau mengurangi makanan tertentu supaya tidak cepat bosan. Sebisa mungkin, makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang alami. Dan untuk melengkapi itu tentu saja harus olahraga, agar metabolisme pencernaan kita lancar dan nafsu makan pun terjaga.

karidasalimpada

Supaya tubuh kita tetap bugar dan terhindar dari penyakit jantung, dianjurkan untuk mengonsumsi bahan makanan berikut ini :
• Oatmeal. Mulai pagi anda dengan semangkuk oatmeal. Selain tinggi serat, oatmeal mengandung asam lemak omega 3, folate, potasium. Oatmeal juga mampu menekan kadar LDL atau kolesterol buruk dan membantu membersihkan pembuluh darah jantung.
 
• Alpukat. Buah ini mampu memperlambat penyerapan karotenoid, khususnya betakaroten dan likopen, yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Alpukat mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol buruk, sambil terus bekerja menaikkan kadar HDL dalam tubuh.
 
• Kacang-kacangan. Suka kacang-kacangan? Pilihlah walnut karena mengandung asam lemak omega 3. Almond dan macadamia juga mengandung lemak mono dan polyunsaturated. Kacang sangat kaya akan serat membuat diet Anda semakin sempurna. Almond mengandung vitamin E dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
 
• Yoghurt. Mengandung vitamin D, protein, kalsium, bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan. Untungnya yoghurt bisa dimakan kapan saja dan mudah didapatkan, cara cepat untuk sehat.
 
• Berries. Apa pun jenis beri yang Anda suka — blueberry, raspberry, atau stroberi — tidak masalah karena semuanya mengandung antiperadangan dan menurunkan risiko serangan jantung dan kanker. Semua jenis beri itu memperbaiki kesehatan vaskuler Anda.
 
• Bayam. Mengandung zat-zat yang baik untuk jantung seperti lutein, potasium, serat, dan folat. Menambah jumlah asupan sayur-sayuran sangat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian The Physician’s Health Study terhadap 15 ribu laki-laki tanpa Penyakit jantung selama 12 tahun terakhir membuktikan, pemakan sayur-sayuran termasuk bayam, mampu menurunkan risiko terkena Penyakit jantung hingga 25 persen dibanding yang jarang mengonsumsi sayuran.
 
• Kedelai. Tidak hanya rendah kolesterol, tapi juga mengandung lemak jenuh yang sangat rendah, dan sumber protein yang baik untuk jantung. Produk olahan kedelai macam tempe, tahu, susu kedelai juga sangat baik untuk untuk dimasukan dalam menu harian. Campuran susu kedelai dalam oatmeal juga membuat khasiat cukup untuk jantung baik. Tapi hati-hati dengan produk olahan yang sudah terlalu tinggi garam, karena justru akan membuat tubuh Anda terkontaminasi sodium. Konsumsi garam yang berlebihan membuat tekanan darah lebih mudah naik.
 
• Asparagus dan ubi jalar makanan yang mengandung zat yang baik untuk tubuh karena mengandung fitonutrien yang mampu membantuk melindungi dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Itu yang membuat lancar peredaran darah, menekan gula darah agar tetap normal, dan efektif menjauhkan Anda dari Penyakit jantung.
 
• Tuna. Mengandung zat yang baik untuk kesehatan jantung seperti asam lemak omega 3, folat, dan niasin. Masukkan tuna dalam campuran salad, camilan ringan.
 
• Nasi merah. Mengandung vitamin B kompleks, serat, niasin, magnesium, dan serat. Dengan memakan beras merah Anda lebih mudah mengendalikan kadar gula dalam darah, yang otomatis mempemudah kerja jantung. Beras merah juga sama besar manfaatnya dalam olahan kue beras.
 
• Pisang. Kaya potasium, kaya serat, dan mampu membantu pediet yang membutuhkan kalsium, karbohidrat, dan protein.

bowo soedadipada

Jika dalam kondisi tidak berpuasa, kombinasi makanan dari tips yang telah dibagikan pada artikel diatas sudah sangat baik. Namun sedikit terlupakan pada artikel diatas adalah tidak menyinggung minum, meskipun pertanyaannya tidak mengarah ke persoalan minum. Tapi untuk menambahkan saja bahwa minum dengan porsi/kebutuhan kita masing-masing juga amat penting untuk membuat tubuh kita menjadi bugar.
Nah, dalam keadaan kita berpuasa pada bulan ramadhan kali ini. Maka kombinasi makanan perlu kita tetap jaga saat berbuka hingga sahur tiba. Dan kalau bisa sesuai dengan asupan gizi 7 sehat 5 sempurna. Dan juga tidak dilupakan untuk minum air putih yang banyak sesuai dengan porsi/kebutuhan kita masing-masing. Hal ini untuk menggantikan cairan tubuh kita yang hilang saat berpuasa.
Apa yang kita makan juga tergantung bagaimana kondisi perekonomian kita masing-masing. Kita tidak akan bisa memaksakan makan dengan 7 sehat 5 sempurna, jika kondisi perekonomian kita pas-pasan. Jika kondisi perekonomian (keuangan) kita pas-pasan atau menengah kebawah, contohnya mahasiswa yang menempuh studi jauh dari rumah orang tua (ngekost), dan keluarga dalam kategori miskin. Jika demikian, maka hal yang tepat untuk kita makan adalah sayur-sayuran, selain murah juga sehat dan akan membuat tubuh kita menjadi bugar.
Demikian yang bisa aku sampaikan. Semoga ceritaku ini bisa bermanfaat.
Salam

Rio Pratamapada

– konsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin
– cuci semua makanan yang ingin kita proses hingga bersih
– apabila memasak sayu-sayuran, jangan direbus terlalu lama. perebusan yg terlalu lama akan menghilangkan kandungan vitamin dan gizi-nya..
– imbangi dengan olah raga yang rutin.
– ikuti pola makan 4 sehat 5 sempurna 🙂

Reagy Sukmanapada

Agar makanan yang kita asup dapat membuat tubuh menjadi bugar adalah dengan istirahat tidur cukup tidak tidur terlalu malam dan berolah raga yang cukup untuk pembakaran kalori dari asupan makanan yang kita makan agar tidak menumpuk menjadi lemak jahat, dengan berolahraga dapat menjaga metebolisme tubuh. Mengkonsumsi buah-buahan dan suplemen makanan untuk menjaga tubuh akan kebutuhan nutrisinya selain dari asupan makanan yang kita makan. Dengan tips ini kita bisa menjaga asupan makanan untuk tubuh agar bisa menjadi sumber energi yang sehat.

    Reagy Gie Sukmanapada

    Agar makanan yang kita asup dapat membuat tubuh menjadi bugar adalah dengan istirahat tidur cukup tidak tidur terlalu malam dan berolah raga yang cukup untuk pembakaran kalori dari asupan makanan yang kita makan agar tidak menumpuk menjadi lemak jahat, dengan berolahraga dapat menjaga metebolisme tubuh. Mengkonsumsi buah-buahan dan suplemen makanan untuk menjaga tubuh akan kebutuhan nutrisinya selain dari asupan makanan yang kita makan. Dengan tips ini kita bisa menjaga asupan makanan untuk tubuh agar bisa menjadi sumber energi yang sehat.

Karida Salimpada

Supaya tubuh tetap bugar dan terhindar dari serangan jantung, dianjurkan untuk mengkonsumsi bahan-bahan makanan berikut ini :
• Oatmeal. Mulai pagi anda dengan semangkuk oatmeal. Selain tinggi serat, oatmeal mengandung asam lemak omega 3, folate, potasium. Oatmeal juga mampu menekan kadar LDL atau kolesterol buruk dan membantu membersihkan pembuluh darah jantung.
 
• Alpukat. Buah ini mampu memperlambat penyerapan karotenoid, khususnya betakaroten dan likopen, yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Alpukat mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol buruk, sambil terus bekerja menaikkan kadar HDL dalam tubuh.
 
• Kacang-kacangan. Suka kacang-kacangan? Pilihlah walnut karena mengandung asam lemak omega 3. Almond dan macadamia juga mengandung lemak mono dan polyunsaturated. Kacang sangat kaya akan serat membuat diet Anda semakin sempurna. Almond mengandung vitamin E dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
 
• Yoghurt. Mengandung vitamin D, protein, kalsium, bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan. Untungnya yoghurt bisa dimakan kapan saja dan mudah didapatkan, cara cepat untuk sehat.
 
• Berries. Apa pun jenis beri yang Anda suka — blueberry, raspberry, atau stroberi — tidak masalah karena semuanya mengandung antiperadangan dan menurunkan risiko serangan jantung dan kanker. Semua jenis beri itu memperbaiki kesehatan vaskuler Anda.
 
• Bayam. Mengandung zat-zat yang baik untuk jantung seperti lutein, potasium, serat, dan folat. Menambah jumlah asupan sayur-sayuran sangat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian The Physician’s Health Study terhadap 15 ribu laki-laki tanpa Penyakit jantung selama 12 tahun terakhir membuktikan, pemakan sayur-sayuran termasuk bayam, mampu menurunkan risiko terkena Penyakit jantung hingga 25 persen dibanding yang jarang mengonsumsi sayuran.
 
• Kedelai. Tidak hanya rendah kolesterol, tapi juga mengandung lemak jenuh yang sangat rendah, dan sumber protein yang baik untuk jantung. Produk olahan kedelai macam tempe, tahu, susu kedelai juga sangat baik untuk untuk dimasukan dalam menu harian. Campuran susu kedelai dalam oatmeal juga membuat khasiat cukup untuk jantung baik. Tapi hati-hati dengan produk olahan yang sudah terlalu tinggi garam, karena justru akan membuat tubuh Anda terkontaminasi sodium. Konsumsi garam yang berlebihan membuat tekanan darah lebih mudah naik.
 
• Asparagus dan ubi jalar makanan yang mengandung zat yang baik untuk tubuh karena mengandung fitonutrien yang mampu membantuk melindungi dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Itu yang membuat lancar peredaran darah, menekan gula darah agar tetap normal, dan efektif menjauhkan Anda dari Penyakit jantung.
 
• Tuna. Mengandung zat yang baik untuk kesehatan jantung seperti asam lemak omega 3, folat, dan niasin. Masukkan tuna dalam campuran salad, camilan ringan.
 
• Nasi merah. Mengandung vitamin B kompleks, serat, niasin, magnesium, dan serat. Dengan memakan beras merah Anda lebih mudah mengendalikan kadar gula dalam darah, yang otomatis mempemudah kerja jantung. Beras merah juga sama besar manfaatnya dalam olahan kue beras.
 
• Pisang. Kaya potasium, kaya serat, dan mampu membantu pediet yang membutuhkan kalsium, karbohidrat, dan protein.

agus budiartopada

lakukan makan dengan cara yang benar, yakni mengunyah secara teratur, tidak terburu-buru. hal ini akan membuat kerja lambung dan usus lebih ringan. kebanyakan dari kita mengunyah hanya beberapa kali saja, padahal idealnya harus lebih dari 10 kali kunyah.

R. Wijaya Sigalinggingpada

Memperbanyak makan buah dan sayur-sayuran akan lebih baik dan lebih sehat dari pada makan nasi.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life