sukses dalam kantor terutama dengan atasan

How To Be Wealthy

Tujuh Hal yang Diharapkan oleh Atasan Anda

Oleh Gerald McGroarty, Brandon Taylor Consulting,

Komentar (29)

Ada dua aturan penting dalam bisnis. Peraturan nomor satu: Buat atasan Anda terlihat bagus. Peraturan nomor dua: Jangan lupakan peraturan nomor satu.

Jika Anda dapat menguasai dua aturan di atas, Anda akan menjadi sangat berharga di mata para petinggi di tim, departemen, kantor, atau organisasi Anda.

Sebagai konsultan mengenai kepemimpinan, saya menghabiskan begitu banyak waktu bekerja dengan para eksekutif senior, manajer, dan tim untuk membantu mengembangkan kapasitas kepemimpinan mereka. Satu hal yang nampaknya selalu muncul ke permukaan dalam diskusi kami adalah: para atasan terhadap para karyawan dengan hasil kerja yang tidak sesuai harapan mereka.

Jadi, seberapa mudah hidup Anda jika Anda dapat mengetahui apa yang ada dalam benak atasan Anda dan tahu persis apa yang ia inginkan? Berdasarkan diskusi yang mendalam, sesi pelatihan yang jumlahnya tak terhitung, penelitian sebanyak satu rak penuh buku, dan berbekal resep kuno akal sehat, berikut adalah tujuh hal yang diharapkan atasan Anda, beserta cara membuat hal ini terwujud:

1. Menuntaskan pekerjaan

Atasan Anda sebenarnya tidak peduli betapa sibuknya Anda, sangatlah mudah untuk menjadi sibuk. Yang diharapkan atasan Anda adalah Anda mencapai target harian, mingguan, atau bulanan Anda secara konsisten. Dalam dunia kerja, hasil menjadi hal yang penting – jadi pastikan Anda memperolehnya setiap hari.

Cara untuk mewujudkannya: Berpikir jernih dan fokus pada prioritas Anda. Jangan buang waktu untuk hal-hal yang tidak penting – fokus pada tujuan utama Anda dan rekan kerja Anda yang dapat diukur.

2. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab berarti melakukan apa yang sudah Anda janjikan. Itu saja.
Bagaimana cara melakukan hal ini: Tepati janji Anda. Itu saja.

3. Bekerja ekstra

Lakukan lebih dari apa yang ada pada uraian pekerjaan dan jabatan Anda. Bekerja ekstra merupakan langkah yang dapat membuat Anda begitu istimewa di mata atasan dan memiliki reputasi yang hebat.

Cara mewujudkannya: Temukan cara untuk memberikan nilai lebih dengan membantu rekan kerja Anda menyelesaikan tugasnya. Hal ini tidak memerlukan kerja keras dan bahkan akan memperlihatkan kualitas Anda jika dilakukan.

4. Lupakan harga diri Anda

Anda tidak harus selalu benar dan Anda tidak harus selalu dapat melakukan sesuatu dengan cara Anda. Keberhasilan Anda berkaitan erat dengan keberhasilan tim Anda, demikian pula sebaliknya. Peliharalah hubungan baik dengan mitra kerja Anda, bekerjasamalah sebagai tim, dan bersikaplah baik.

Cara mewujudkannya: Tentukan perang milik Anda dan terimalah bahwa selalu ada kemungkinan tentang cara penyelesaian yang lebih baik daripada cara Anda sendiri. Dan jangan takut untuk mengambil pilihan yang sulit karena pilihan yang sulit memang jarang diambil oleh orang lain.

5. Tinggalkan gosip

Tidak ada yang lebih cepat tersebar di tempat kerja daripada gosip. Sayangnya, kebanyakan dari kita tidak dibayar untuk gosip, sindiran, politik kantor, berita miring, atau kabar angin. Atasan Anda ingin Anda fokus pada tugas pekerjaan yang menjadi alasan Anda dibayar.

Cara mewujudkannya: Menolak untuk terlibat dalam gosip kantor. Sampaikan kepada rekan kerja Anda yang suka bergosip bahwa Anda tidak tertarik. Sikap diam dan sedikitnya tanggapan Anda akan berbicara banyak. Ada pepatah lama: “. Siapa saja yang bergosip dengan Anda akan menyebarkan gosip tentang Anda”.

6. Berikan solusi

Anda pernah mendengar hal ini: “Jika Anda bukan bagian dari solusi, Anda merupakan bagian dari masalah.” Satu-satunya waktu yang dimiliki atasan Anda untuk mendengar keluhan, masalah dan berita buruk adalah jika Anda juga mempunyai solusi mengenai keluhan tersebut atau dapat membantu menilai situasi.

Cara mewujudkannya: Paling tidak, bersiaplah untuk menawarkan beberapa saran untuk memperbaiki masalah, kesalahan, atau kemacetan. Bagaimana Anda membingkai sebuah masalah akan menjadi kunci. Gunakan ungkapan-ungkapan seperti, “Kita bisa menganggap ini …” atau “Saya sudah bicara dengan pemasok dan mereka menyarankan kita …”. Menawarkan solusi akan menunjukkan bahwa Anda telah memikirkan situasi, dan ide Anda dapat menghasilkan solusi yang lebih baik.

7. H-O-R-M-A-T

Manajemen perusahaan mengharapkan para karyawan untuk menghormati rekan kerja, kebijakan perusahaan, prosedur, dan organisasi. Mereka percaya pada Anda – itulah sebabnya Anda dipekerjakan – dan tidak ada cara yang lebih baik untuk mengingatkan atasan Anda bahwa Anda adalah orang yang tepat yang menerapkan standar dalam menghormati orang lain.

Cara mewujudkannya: Mengakui dan menyadari bahwa setiap orang memiliki pendapat dan perlu didengar. Tidak orang yang bergelimang ide cemerlang. Jadi, usahakan untuk menghasilkan ide cemerlang sebanyak-banyaknya bersama rekan-rekan  untuk memajukan perusahaan. Hormati orang lain dan orang lain akan menghormati Anda.

Ingatlah bahwa melakukan tujuh hal di atas tidak memerlukan biaya atau waktu tambahan. Pengetahuan adalah kekuatan dan sekarang Anda tahu benar apa yang atasan Anda inginkan, sisanya terserah Anda.

 
Adelia Herminawatypada

Setuju. Karena 7 hal tersebut di atas merupakan hal yang positif yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja. Dahlan Iskan pernah berkata bahwa kalau kita ingin menjadi atasan yang baik kita harus belajar mejadi bawahan yang baik pula, salah satunya dengan melakukan hal-hal tersebut di atas. Karena kita akan menuai apa yang kita tabur. Kita pasti tidak mau memiliki bawahan yang kurang baik pula apabila kita nanti jadi atasan kelak.

Maria Nataliapada

Setuju! Tujuh hal diatas memang harus dilakukan untuk membangun hubungan yang baik dengan atasan, karena dengan melakukan hal-hal tersebut atasan akan merasa senang dan nyaman dengan kita sehingga atasan pasti tidak menghambat perkembangan karir kita.

    Tri Astuti Oktaviantipada

    90% setuju, ke-7 hal di atas merupakan hal-hal yang diharapkan oleh Atasan kepada karyawannya untuk membangun kinerja yang efisen, produktif, dan efektif yang mengarah pada tingkat ke-profesionalis-an karyawannya tapi ada satu hal yang harus diperhatikan dan menjadi 10% yang pastinya diharapkan oleh atasan yaitu Loyal, sikap ini yang akan menjadikan Atasan lebih menghargai karyawannya karena sesuatu yang di bangun bersama dalam hubungan apapun harus memiliki kesetiaan yang akan menjadikan komitmen bersama untuk mencapai tujuan yang diharapkan ternasuk dalam bidang pekerjaan.

ayu rahmawatipada

setuju selain 7 hal itu atasan juga butuh rekan yg jujur.

ayu rahmawatipada

setuju, selain 7 hal yg diatas, atasan jga butuh rekan kerja yg jujur biar bsa dipercaya

Nina Agustinapada

Setuju,,,karena menurut saya tujuh hal tersebut dapat membuktkan bahwa kinerja dan kualitas kerja kita tidak diragukan lagi. Tentu dengan tujuh hal tersebut atasan akan sangat bangga karena memiliki karyawan yang sesuai harapannya dan tentunya kita pun juga akan merasa nyaman karena mendapat kepercayaan penuh dari atasan

Nina Agustinapada

Setuju,,,karena menurut saya tujuh hal tersebut dapat membuktkan bahwa kinerja dan kualitas kerja kita tidak diragukan lagi. Tentu dengan tujuh hal tersebut atasan akan sangat bangga karena memiliki karyawan yang sesuai harapannya dan tentunya kita pun juga akan merasa nyaman karena mendapat kepercayaan penuh dari atasan.

Paulina Silviapada

Setuju dengan tujuh hal di atas :
Menuntaskan pekerjaan, bertanggung jawab, bekerja ekstra, lupakan harga diri, tinggalkan gosip, berikan solusi dan hormat.. Karena 7 hal tersebut menjadi pegangan kita sebagai bawahan untuk dapat selalu menunjukkan performansi yang baik sebagai orang yang dipekerjakan.. Siapapun atasannya tentu akan bangga dan kita sebagai pekerja pun akan dapat mengembangkan sikap positif ketika tujuh hal tersebut dapat kita terapkan dalam dunia kerja kita.. Selain itu menurut saya, kita juga harus terbuka dan rendah hati terhadap masukan atau saran dari atasan ketika apa yang kita kerjakan kurang optimal bagi atasan kita.. Sehingga akan menjadi lebih baik lagi untuk kinerja kita yang berikutnya..
Sekian, Terima kasih …

Arya Somadi Krishnapada

Tujuh Hal yang Diharapkan oleh Atasan Anda :
1. Menuntaskan Pekerjaan.
2. Bertanggung Jawab.
3. Bekerja Ekstra.
4. Lupakan Harga Diri Anda.
5. Tinggalkan Gosip.
6. Berikan Solusi.
7. H-O-R-M-A-T.

Indra Hasiholan Tuahtapada

Setuju !!!. Atasan memang membutuhkan itu semua dari kita, karena itu merupakan syarat yang harus dimiliki oleh karyawan sehingga perusahaan/organisasi dapat bersaing, dan memenangkan persaingan.
Namun Ada hal lain yang mungkin dapat ditambahkan menurut saya, selain tujuh hal tersebut, LOYALITAS DAN KOMITMEN, juga dibutuhkan oleh atasan. Saat kita dapat menjalankan tujuh hal tersebut diatas pada akhirnya atasan kita akan mengharapkan LOYALITAS kita terhadap perusahaan/organisasi.

Eme Rambepada

setuju sekali dengan ketujuh hal penting diatas. karena melakukan tujuh hal di atas tidak memerlukan biaya atau waktu tambahan, amat simple jika dilakukan dengan hati ikhlas dan diawali dengan senyum ketika melakukan ketujuh hal tsb saya rasa.

Ariopada

Saya sangat setuju,ketujuh hal tersebut diatas akan membuat kita di sayang dan di kagumi oleh atasan.
Dan yang terpenting buat diri kita adalah kita sudah menjadi pekerja yang handal dan profesional jika memiliki 7 hal di atas dan kita patut untuk berbangga diri karena dengan mudah dan cepat dipromosikan bila mempunya ketujuh hal tsb.

Eme C A Rambepada

saya amat setuju denga ketujuh hal diatas, karena memang melakukan tujuh hal di atas tidak memerlukan biaya atau waktu tambahan. kita dapat melakukan hal tersebut sembari bekerja. mengawali hal ketujuh diatas pun cukup mudah, cukup siapkan senyum tulus di pagi hari dan sepotong hati yang ikhlas menjalani pekerjaan kita berikut 7 rahasia diatas ^_^

Eme Rambepada

saya amat setuju denga ketujuh hal diatas, karena memang melakukan tujuh hal di atas tidak memerlukan biaya atau waktu tambahan. kita dapat melakukan hal tersebut sembari bekerja. mengawali hal ketujuh diatas pun cukup mudah, cukup siapkan senyum tulus di pagi hari dan sepotong hati yang ikhlas menjalani pekerjaan kita berikut 7 rahasia diatas.

Santoso Wijayapada

sangat setuju karena hal tersebut sangat mungkin untuk dapat dilakukan oleh karyawan secara teori walaupun secara praktek mungkin akan sedikit sulit karena dengan si karyawan melakukan hal tersebut maka dia sudah membangun hubungan yang baik dengan atasan dan apabila dia bisa melakukan 7 hal yang disebutkan di atas maka sudah pasti atasan anda akan respect terhadap anda dan menghargai kerjaan anda dan tidak kecil peluang kita untuk naik jabatan maupun naik gaji.

Inneke Octavianipada

Ada bbrp hal yg saya kurang setuju, terutama point 3 dan 4. Utk point 3 bekerja extra mesti dipilah bekerja extra dlm hal apa? Utk pekerjaan yg diberikan atasan dan kita mengerjakan lbh dr yg di ekspektasi oleh atasan itu nilai plus. Tp klo bekerja extra dlm hal waktu misalnya sering lembur justru menurut sy kurang baik. Knp dia bs lembur, berarti ada yg kurang dlm manajemen waktunya.
Untuk point ke 4 mengenai harga diri, sebagai bawahan jg hrs tetap menjunjung harga dirinya sendiri, selama dia merasa benar dan yakin atas sesuatu hal justru hrs dipertahankan, krn itu menunjukkan dia punya pendirian yg kuat. Klo dengan mudahnya kita melupakan hrg diri hanya krn atasan, ujungnya akan terjadi “penindasan”
Saya pernah mengalami posisi sebagai staff dan juga atasan yg punya anak buah. Justru dengan kedua kondisi yg pernah saya rasakan saya tahu hrs menempatkan diri dan bersikap seperti apa spy pekerjaan yg kita lakukan menjadi menyenangkan. Untuk nomor lainnya saya Setuju 🙂

Ervina Setiantipada

Setuju, setiap atasan pasti ingin mendapatkan hasil yg baik dari kinerja karyawannya,untuk itu ada banyak tuntutan yg hrz qt lakukan trmasuk 7 hal di atas. Nah untuk mengimbangi tuntutan2 tsb qt perlu menanamkan sbuah pegangan bagi diri qt sendiri. “Bahwa ita bekerja bukan semata mata untuk atasan tp qt bekerja juga untuk diri qt sendiri”. Dg begitu qt tdk akan trbebani menjalankan tugas qt spt yg diharapkan atasan.. So jalinan komunikasi & krj sama yg baik sgt dperlukan antara atasan & kryawan.

Ervina Setiantipada

Setuju, setiap atasan pasti ingin mendapatkan hasil yg baik dari kinerja karyawannya,untuk itu ada banyak tuntutan yg hrz qt lakukan trmasuk 7 hal di atas. Semua itu bertujuan untuk hasil yg baik bagi perusahaan..Nah untuk mengimbangi tuntutan2 tsb qt perlu menanamkan sbuah pegangan bagi diri qt sendiri. “Bahwa kita bekerja bukan semata mata untuk atasan tp qt bekerja juga untuk diri qt sendiri”. Dg begitu qt tdk akan trbebani menjalankan tugas qt spt yg diharapkan atasan.. So jalinan komunikasi & krj sama yg baik sgt dperlukan antara atasan & kryawan. Agar dpt mencapai hasil maksimal spt yg diinginkan.

hasan ali alataspada

Saya kurang setuju dengan:
Gosip: sebaiknya kita sekedar tahu saja.
Harga diri: mungkin sebaiknya diganti dengan kata ‘pandai beradaptasi’. Karena itu lebih penting dibandingkan merubah segalanya untuk keadaan.
Trima kasih

Asep Ruswandipada

Sangat setuju, karena ke tujuh diatas memang merupakan kebutuhan pokok bagi kita agar atasan senang terhadap kita. Tinggalkan kebiasaan buruk akan menambah nilai positif kita di depan atasan. Kasih yang terbaik buat atasan secara otomatis akan ada timbal balik kepada kita.

Andhika Adhidarmapada

Setuju sekali karena dengan ketujuh hal diatas maka bukan hanya atasan kita saja yang menyukainya, tetapi dengan menerapkan ketujuh hal diatas maka kita akan semakin bisa menjadi seorang yang lebih dewasa dan semakin matang dalam menjalankan pekerjaan.

Reni Susantipada

SETUJU SEKALI!!
Kalimat seperti: Peraturan nomor satu: Buat atasan Anda terlihat bagus. Peraturan nomor dua: Jangan lupakan peraturan nomor satu, membuat saya terperangah. Dan setelah saya membaca tuntas, maka saya menyatakan setuju dengan bersemangat!
kata-kata yang menarik dan brilian.
Kalimat ini misalnya, “Jika Anda bukan bagian dari solusi, Anda merupakan bagian dari masalah.” sangat benar sekali. Jadi kita bukan hanya kalah oleh masalah, tapi harus mampu menaklukan masalah dengan solusi yang cerdas dan tepat.
Kemudia bagian Bekerja Ekstra, juga tepat sekali. Dan yang sedikit bisa saya tambahkan, selain kita bekerja EKSTRA dalam tenaga, juga jangan ragu bekerja ekstra dalam WAKTU! bila pekerjaan belum selesai, tuntaskan dengan LEMBUR tanpa mengeluh! atasan akan lebih menghargai kita karenanya.
Secara keseluruhan, artikel ini sangat kena dan membuat kita HARUS mengevaluasi MENTAL kita sebagai pegawai yang baik dan benar!

albert oktavianopada

saya setuju, karena ke tujuh kriteria tersebut bila di terapkan dalam hidup kita di jamin kerjaan akan berjalan lancar, namun sy ingin menambahkan satu lagi kita harus jujur,karena di jaman sekarang ini sangat sulit untuk mencari orang jujur. atasan akan lebih percaya pada kita kalau kita jujur & transparant apa ada nya dalam menjalankan pekerjaan kita, serta jangan pernah menunda-2 pekerja,karena pekerjaan yg di tumpuk-2 terus akan menyusahkan kita dikemudian hari.

Reagy Sukmanapada

Setuju karena dengan 7 hal tersebut akan membangun sebuah kesinambungan cara kerja perusahaan yang baik antara atasan dan karyawan, dan akan membangun siklus lingkungan kerja yang produktif. Maka hal tersebut sangat menguntungkan bagi semua pihak perusahaan, atasan dan karyawan. Karena perusahaan akan mendapatkan hasil kerja yang maksimal untuk kemajuan perusahaan, bagi atasan akan mendapatkan karyawan yang kompeten dan komunikatif dalam pekerjaan dan bagi karyawan akan merasakan sebuah lingkungan kerja yang sehat dan profesional, saling menghargai satu sama lain didalam perusahaan. Terima Kasih semoga bermanfaat untuk lingkungan kerja kita.

Afifatun Nafisahpada

Setuju, karena dengan begitu akan menciptakan suasana kerja yang harmonis sehingga kita nyaman dalam bekerja. Kita juga dituntut bertanggung jawab atas pekerjaan kita sehingga hasilnya bisa maksimal.

Rusman Liempada

Saya setuju sekali!!! Namun, ada satu pertanyaan yg selalu menggelitik saya : bagaimana menyikapi seorang atasan yang selalu berusaha mencari kesalahan dan kekurangan kita?? Memang, perlu diakui terkadang dalam bekerja kita pernah melakukan kesalahan. Apa yang harus dilakukan jika kita sudah berusaha mati-matian memperbaiki kesalahan kita, namun atasan selalu menyorot dan selalu mengungkit2 kesalahan kita di masa lalu sehingga apapun yg kita kerjakan sekarang sekalipun benar, selalu dicari2 kekurangan dan kesalahannya sehingga pada akhirnya penilaian kinerjapun menjadi ditekan oleh atasan?? Mohon dengan sangat tanggapannya yah

    Brighter Life Indonesiapada

    Halo Pak Rusman Liem,

    semoga sabar ya dalam menyikapi perlakuan bos Anda. Untuk menanggapinya, Anda tetap harus sabar dan mengerjakan segala pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan keinginan bos Anda. Jika Anda selalu disalahkan jangan dibawa emosi, namun buktikan kalau Anda sudah melakukan pekerjan dengan benar dan sebaik mungkin. Jika hal tersebut masih terus berlangsung, share saja keluhan Anda dengan teman kantor atau atasan Anda yang lain yang percaya dengan kerja keras Anda. Semoga mereka bisa membantu mencairkan masalah.

    Semangat selalu ya Pak! 🙂

rismawati.mrpada

nice. semoga atasan saya puas dengan hasil kinerja saya ketika saya mencoba tips dari anda. dan semoga anda yg menulis pada link ini diberi kemudahan untuk terus memberikan ilmu-ilmu yg bermanfaat agar setiap pembaca bertambah wawasan sehingga anda pun berpahala. #semangatboss…

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life